Anggota DPR RI Ir.KRT Darori Wonodipuro Serahkan 1 unit Excavator senilai Rp1,8 Milliar ke Pokdakan Nila Sari Desa Jatijajar


Anggota Komisi IV DPR RI Ir.KRT Darori Wonodipuro menyerahkan 1 unit Excavator senilai Rp1,8 miliar kepada Pokdakan Nila Sari, Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Anggota Komisi IV DPR RI Dapil 7 Jateng, Ir. KRT. Darori Wonodipuro, MM. IPU menyerahkan aspirasi bantuan Excavator di Kabupaten Kebumen. Bantuan aspirasi alat berat kerjasama Komisi IV DPR RI dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) itu untuk Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Nila Sari, Rabu (27/12/2023) sore.

Penyerahan bantuan itu langsung dihadiri dan diserahkan oleh anggota DPR RI Dapil 7 (Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga) Ir.KRT Darori Wonodipuro, Jl. Goa barat km. 01, Dusun Palamarta RT. 05 RW. 07, Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Nila Sari, Radianto mengatakan atas nama pengurus beserta anggota Pokdakan Nila Sari menyampaikan rasa terima kasih kepada politisi senior Partai Gerindra asli Kebumen tersebut. 

Radianto berharap kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) yang menjadi binaannya sekarang, benar-benar dapat mengelola, memanfaatkan dan merawat bantuan alat berat tersebut.

"Saya selaku ketua menyampaikan terima kasih. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kelompok pembudidaya ikan di Desa Jatijajar, dan akan digunakan semaksimal mungkin. Sehingga pembudidaya ikan di desa sini bisa makmur dan sejahtera, dan dampaknya bisa dirasakan oleh warga di desa-desa sekitar," terangnya. 

Koordinator Pokdakan Nila Sari, Indrajati menyampaikan Excavator diberikan untuk kelompok pembudidaya ikan untuk pembuatan kolam atau tambak khususnya di Desa Jatijajar dan boleh digunakan di wilayah Kabupaten Kebumen.

"Sistem untuk progres perencanaan kelompok dibiayai dari dana kelompok dan untuk penggunaan diluar anggota kelompok diterapkan ada biaya sewa denga mengikuti standar harga," jelas Indra.

Selain itu, alat berat juga bisa digunakan untuk mengatasi/ penanggulangan bencana alam yg bersifat nasional atau skala prioritas. Pengelola dibentuk dalam musyawarah kelompok dengan struktur 1 koordinator, 4 anggota dan 1 Operator dan 2 pembantu operator. 

"Untuk operator diambilkan dari warga lokal yg memiliki SIO dan sertifikat yang masih berlaku," ucapnya.

Setelah mendapat Excavator Pokdakan Nila Sari berencana untuk memperluas lahan budidaya ikan air tawar dan juga normalisasi sepanjang sungai yang digunakan untuk menunjang pengairan di tambak/ kolam masing-masing anggota kelompok pembudidaya ikan.

"Terimakasih kepada Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui bantuan dari Aspirasi Ir. KRT. Darori Wonodipuro, MM. IPU, Pokdakan Nila Sari mendapatkan Excavator ini," pungkasnya.

Harapannya, kedepannya ada peningkatan produksi/ hasil panen ikan di Desa Jatijajar dan juga saat ada sewa bisa untuk meningkatkan pendapatan khususnya anggota kelompok dan Pendapatan Asli Desa Jatijajar.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR RI Ir.KRT Darori Wonodipuro mengatakan, bantuan merupakan komitmennya sebagai anggota DPR RI putra daerah asli Kabupaten Kebumen untuk membangun daerahnya.

Alat ini bukan untuk kelompok yang saat ini menjadi sarana penerima bantuan saja, tapi kelompok-kelompok tani tanaman pangan maupun pembudidaya ikan se-Kecamatan Ayah, juga bisa memakai alat tersebut, dengan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati. 

"Saya ingin bantuan ini benar-benar bermanfaat untuk masyarakat, tanpa terkecuali khususnya di wilayah Kecamatan Ayah. Untuk tahun ini saya menurunkan 2 alat berat, selain disini ada di Desa Karangrejo, Kecamatan Petanahan.  Saya harap, manejemen atau pengelolaan penggunaannya, saya minta dari paguyuban kades dan Pokdakan duduk bersama menyusun kelembagaan pengelolaan aspirasi bantuan Excavator 2023, Karena harga 1 unit Excavator ini mahal, mencapai Rp1,8 milyar,  saya juga akan mengawasi dan memeriksa secara berkala pemanfaatannya," tandasnya. (*)