Peringatan Hari Kemerdekaan Bupati Bakal Berikan Bantuan Ratusan Alsintan dan Hewan Ternak


Alat dan mesin pertanian (Alsintan) terparkir di halaman pendopo Kabumian Kebumen.(ft SK/ist
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Sebanyak ratusan alat dan mesin pertanian (Alsintan) serta ratusan ekor sapi dan kambing bakal diberikan kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) dan kelompok tani ternak (KTT) yang ada di Kabupaten Kebumen.

Pembagian alsintan dan hewan ternak sapi dan kambing akan diberikan pada saat upacara peringatan HUT RI ke-78 yang akan dilaksanakan di halaman pendopo Kabumian 17 Agustus 2023 mendatang.

Pemberian bantuan tersebut sebagai bentuk komitmen dam kepedulian pemerintah terhadap petani dan peternak. Terlebih di tengah banyak persoalan kelangkaan pupuk, dan juga penyakit hewan menular.

"Insya Allah nanti pada saat peringatan hari kemerdekaan kita akan membagikan ratusan alsintan dan ratusan hewan ternak berupa sapi dan kambing”, ujar Bupati, di Kebumen, Senin (31/7).

"Karena itu bantuan ini kita berikan untuk stimulus. Kita ingin pengelolaan pertanian kita lebih modern, efisien dengan hasil yang maksimal. Demikian juga peternak kita bisa berkembang maju," jelasnya.

Bantuan tersebut bersumber dari anggaran APBD dan Dana Alokasi Umum (DAU). Beberapa alsintan juga merupakan bantuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Kebumen beberapa bulan lalu.

Adapun jenis alsintan yang akan diberikan, yakni traktor roda dua dan empat, cultivator, hand sprayer, pompa air, dan lainnya. Adapun hewan ternak yang diberikan berupa  sapi jenis PO, dan kambing jenis  jawa randu. 

"Untuk sapi itu ada 130-an, kalau untuk kambing ada 600-an, persinya besok hari H, tapi kurang lebih segitu," ucap Bupati.(*)