Indahnya Menikmati Matahari Terbenam dari Tepian Sungai Lukulo di Bawah Jembatan Ayamputih


Taman wisata di jalur Pansela Desa Ayamputih kecamatan Buluspesantren.(ft SK/Kombes)
BULUSPESANTREN, (seputarkebumen.com)- Jalur Pantai Selatan (Pansela) Kebumen saat ini terus berbenah, usai menjadi jalur perlintasan dan jalur mudik pilihan menuju Yogyakarta dan sekitarnya. Jalur Pansela bergeliat, ekonomi dan wisata tumbuh pesat. 

Jalur Pansela yang dulu minim lampu penerangan, pom bensin, tempat makan dan rest area atau tempat beristirahat untuk melepas lelah dan bersantai, kini mulai bermunculan.

Salah satu tempat yang bisa menjadi pilihan untuk nongkrong dan bersantai bersama teman atau pasangan kita ini adalah Taman Senja. Lokasinya tepat berada dibawah Jembatan Ayamputih, ditepian Sungai Lukulo. 

Kondisi tepian sungai dibawah Jembatan Ayamputih, Kecamatan Buluspesantren, kini terlihat berbeda, Minggu (5/3/2023) sore. Dulu banyak sampah dan rumput liar, kini tampak bersih.

Seorang warga terlihat asyik menikmati senja di tepi Sungai Lukulo. Dengan hp di tangannya, duduk santai di tempat duduk permanen berbentuk lingkaran sedang mengabadikan momen matahari terbenam. 

"Biasanya nongkrong disana, di jembatan mas. Tapi liat ada tempat baru ditepian sungai ini kok asyik sekedar buat santai dan nongkrong sore. Spot fotonya lumayan bagus dari sini," jelas Bintang Saputri (26) saat asyik berswafoto menikmati senja dari tepian sungai, Minggu (5/3/2023) sore.

Menurut warga sekitar dulu dilokasi ini,  beberapa tahun yang lalu hanya bentangan rumput liar dan sampah sungai. Kini kondisinya lebih baik karena telah dilakukan pengerukan.

"Dulu pemandangan aktivitas penambang pasir liar di sungai ini. Kini ndak ada mas, adanya para pemancing ikan. Dan tepian sungai kini asyik buat nongkrong sembari menikmati minuman dan cemilan," ucapnya.

Kawasan tepi sungai dibawah Jembatan Ayamputih kini mulai ramai dikunjungi saat matahari akan terbenam karena menikmati panorama senja di tepi Sungai Lukulo memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

"Nongkrong disini gratis gak bayar mas. Tapi minim bisa pesan cemilan dan minuman lah, karena ini kan fasilitas cafe kami," terang salah seorang karyawan Jazz Cafe.

Saat ini dengan mulai ramainya para pengendara melintas Jalur Pansela banyak berdiri tempat makan dan cafe. Pengelola berlomba mempercantik lokasi tersebut menjadi ajang rekreasi dan wisata bagi warga sekitar.

"Fasilitas taman ditepian sungai ini sengaja kita bangun dengan latar belakang sungai dan laut. Momen matahari terbenam juga tampak jelas dari sini," tambahnya.

Situasi ini terlihat setiap sore di waktu weekend dan libur. Dimana, sejumlah  warga terlebih pasangan muda mudi kerap menghabiskan waktu bersama.

Tepian Sungai Lukulo Jembatan Ayamputih bisa menjadi referensi anak muda untuk menghabiskan sore hari di Jalur Pansela Kebumen. Selain bersantai, pengunjung juga bisa memancing di tempat ini.

Lokasinya mudah dijangkau, area parkir luas, berdiri sebuah mushola dan toilet. Taman Senja dengan rimbun pohon dan tanaman membuat pengunjung bisa menikmati angin sepoi-sepoi sambil bercengkrama dengan teman atau orang terkasih.

Nah, jika anda yang sedang melintas Jalur Pansela Kebumen, kini tak hanya terkenal pantainya yang indah, bantaran sungainya juga tak kalah cantik sebagai tempat menikmati senja dan matahari terbenam dari tepian sungai. (*)