Dilantik, 78 Panwascam Kebumen Langsung Diingatkan Kerja Tak Ada Tanggal Merah


KEBUMEN (SeputarKebumen.com) - Belum juga beranjak dari ruang pelantikan, sebanyak 78 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Kebumen yang baru saja dilantik oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kebumen Arif Supriyanto, langsung diminta tancap gas.

"Setelah dilantik ini, besok langsung kerja. Tidak ada waktu lagi, tidak ada tanggal merah," tegas Ketua Bawaslu Kebumen dalam pidato pengarahan Pelantikan dan Pembekalan Panwascam di Hotel Mexolie Kebumen , Kamis (27/10/2022).

Pelantikan Panwascam turut dihadiri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, jajaran Forkompimda, seluruh Komisioner Bawaslu Kebumen dan Komisioner KPU Kebumen. 

Ditemui usai acara Bupati menyatakan, pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024 membutukan kinerja yang ekstra. Sebab dilaksanakan secara serentak, mulai dari Pemilu Presiden, Pemilu Legislatif dari DPR RI hingga DPRD Kabupaten, sampai Pemilihan Kepala Daerah Gubernur maupun Bupati/WaliKota.

"Penyelenggara Pemilu serentak 2024 saya kira membutuhkan konsentrasi dan kinerja yang ekstra keras. Alhamdulillah Bawaslu telah melantik pengawas tingkat kecamatan. Semoga yang dilantik hari ini amanah dan punya etos kerja yang baik, karena Pemilu serentak ini memiliki banyak tantangan dan potensi konflik yang tinggi," ujar Bupati.

Untuk itu, Bupati meminta kepada Bawaslu mengoptimalkan peran Panwascam sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu bisa ikut meredam potensi konflik di masyarakat. Bagaimana pun pesta demokrasi ini kata Bupati, harus berjalan damai dan lancar. Jika terdapat temuan di lapangan, lanjut Bupati, agar Panwas tidak langsung memblow-up sebelum menempuh prosedur penanganan yang telah diatur regulasi.

"Fungsi pengawasan ini menjadi sangat penting, saya kira Panwas harus bisa mengambil peran untuk menghasilkan Pemilu yang sehat, berkualitas, dan semua wadah itu sudah disediakan oleh negara, ada tata cara aturannya," jelas Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Arif Supriyanto menambahkan,  78 Panwascam yang dilantik merupakan peserta rekrutmen dengan nilai tes tertinggi. Mereka berhasil lolos setelah menyingkirkan ratusan pendaftar lain. Masing-masing kecamatan diisi oleh tiga Panwascam. Usai dilantik, kata Supri, mereka langsung mendapatkan pembekalan untuk selanjutnya bekerja mengawasi verifikasi faktual partai politik.

"Setelah dilantik ini kita kasih pembekalan, dan besok langsung bekerja kita terjunkan ke lapangan untuk pengawasan verifikasi faktual peserta Parpol. Tahapan sudah berjalan dan sudah tidak ada waktu, pokoknya langsung bekerja," jelasnya. (*)