Gandeng PMI, UKM KSR UPB Kebumen Gelar Pelatihan Pengenalan Ambulan dan Komunikasi

Mahasiswa UPB sedang mengadakan pelatihan pengenalan mobil ambulan dan komunikasi lapangan.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Dalam rangka meningkatkan kapasistas pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama, Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) Korp Sukarela (KSR) Universitas Putra Bangsa (UPB) Kebumen menggelar pelatihan pengenalan mobil ambulan dan komunikasi lapangan kepada anggotanya. Kegiatan berlangsung dua hari 23-24 Juli 2022 di kampus setempat. 

Pelatihan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen dengan menghadirkan narasumber Imam Subekti sebagai pemateri pelatihan ambulan dan Sugeng Muji Santoso sebagai pemateri komunikasi lapangan (HT). Kegiatan ini diikuti oleh 25 mahasiswa dari anggota KSR UPB Kebumen.

Dihari pertama dilaksanakan pelatihan pengenalan ambulan. Pengenalan meliputi cara memasukan korban masuk mobil ambulan hingga fungsi pengenalan alat-alat mobil ambulan. Ketua panitia acara Ririn Alifah Risky mengatakan pengenalan pertolongan pertama menggunakan Mobil Ambulan penting diketahui karena KSR merupakan salah satu relawan kemanusiaan.

Pada pelatihan komunikasi lapangan (HT), anggota KSR dilatih tentang bagaimana cara mengoperasikan HT dan juga berkomunikasi ketika dilapangan terutama ketika terjadi bencana.

"KSR sendiri adalah salah satu relawan kemanusiaan yang biasanya ikut membantu dalam pertolongan korban bencana. Nah kegiatan ini dalam rangka simulasi agar kalau besok mereka terjun langsung mereka sudah memiliki cukup bekal apa yang harus dilakukan." ucapnya. 

Ririn mengatakan pengenalan mobil ambulan dan komunimasi lapangan kepada mahasiswa merupakan pertama kalinya dilakukan. Ia berharap melalui kegiatan ini mahasiswa dapat lebih mengetahui seputar mobil ambulan dan penggunaannya.(*)