Komitmen Forum Grup Discusion, Kebumen Siap Menjadi Kabupaten Kreatif Kategori Film

Forum Grup Discusion di Ballroom Hotel Grand Kolopaking.(ft sk/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Usai dilakukan uji petik selama dua hari oleh tim penilai dari Kemenparekraf. Kabupaten Kebumen siap menjadi kabupaten kreatif kategori subsektor Film, Animasi dan konten kreator. Komitmen itu hasil dari Forum Grup Discusion di Ballroom Grand Kolopaking, Kamis (21/4/2022).

Hadir dalam kesempatan itu, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Harianto SOs, Sub koordinator kemitraan dan kelembagaan pariwisata Disporapar Jateng, Supomo dan sejumlah tim penilai dari Kemenparekraf.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kebumen, Arifin mengatakan, dari 17 sektor, ada 5 subsektor yang sebelumnya selama dua hari telah dilakukan penilaian oleh tim dari kemenparekraf yakni Film, Kriya, Fesyen, Seni Pertunjukan, dan Kuliner.

Dari hasil itu dipilih untuk pengembangan kabupaten/kota kreatif Kabupaten Kebumen dari Subsektor Film yang akan menjadi lokomotif 16 subsektor lainnya. Selain itu sebagai komitmen menjadi kabupaten/kota kreatif subsektor Film akan ditandatangani pada Jumat 22 April 2022 di Pendopo Kabumian.




"Alhamdulillah dari hasil penilaian dan komitmen Kabupaten Kebumen akan menjadi kabupaten kreatif dalam hal Film dan konten kreator,"katanya didampingi Kabid pemasaran dan ekonomi kreatif pariwisata, Ma’rifah SIP MSi.

Tak hanya itu, ia menjelaskan alasan subsektor Film yang dipilih tak lain banyaknya konten kreator di Kabupaten Kebumen yang siap menggerakan perekonomian melaui Film dan animasi video.

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Harianto SOs, mengatakan Kabupaten Kebumen merupakan salah satu yang menjadi prioritas diaman ketika sudah bergabung dalam jaringan kabupaten/kota kreatif akan lebih mudah mendapatkan akses bantuan dari Kemenparekraf untuk mendongkrak perekonomian daerah.

"Selama dua hari tim Kemenparekraf sudah melakukan kegiatan ujipetik, penilaian dan pendampingan teknis, besok akan dipastikan kesepakatan penandatangan, subsektor unggulan, kabupaten kebumen hasil uji petik yang akan menjadi bagian dari ekosistem kabupaten/kota kreatif se Indonesia," katanya 

Dari kalkulasi saat ini di Indonesia baru sekitar 64 kabupaten/kota kreatif yang masuk dalam jaringan. Namun baru satu kota yang mengambil subsektor Film dan Video Animasi yakni Wakatobi. Saat Kabupaten Kebumen ditetapkan sebagai kabupaten/kota kreatif maka Kebumen akan menjadi kabupaten kreatif ke dua yang mengambil subsektor Film.

"Beberapa indikator, tolak ukur dan komitmen pengembangan dengan kementerian akan terus dilakukan untuk mengoptimalkan sumberdaya yang ada, kebumen nanti akan ikut penetapan bersama 21 kabupaten kota lain dan mendapat pengawalan serta fasilitasi dari Kemenparekraf," pungkasnya. (*)