Pasar Kejawang dan Pasar Dorowati Diresmikan Langsung Dua Menteri


KLIRONG, seputarkebumen.com
- Dua pasar tradisional di Kebumen yang telah selesai direnovasi diresmikan 2 menteri. Pasar Kejawang Sruweng dan Pasar Dorowati Klirong diresmikan Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Selasa (22/02/2022).

Dalam sambutan peresmiannya, Mendag berterima kasih kepada Bupati Kebumen Arif Sugiyanto beserta jajaran yang telah membangun pasar tradisional.

"Terimakasih, ini memang pasarnya bagus, bersih, dan mudah-mudahan bisa bersaing dengan ritel modern," ucap Mendag Muhammad Lutfi.

Pasar, kata Mendag, telah ada sejak jaman dahulu. Karenanya pembangunan pasar hendaknya tidak hanya pada fisik tetapi juga sistem perdagangan dan komoditinya.

"Bagaimana pasar ini bisa ikut loncat bersama terobosan teknologi dan sistem keuangan. Sehingga pasar bisa menjadi solusi tidak hanya hari ini tapi juga untuk masa yang akan datang," lanjutnya.


Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan pihaknya sangat peduli dengan situasi di pasar tradisional dan pasar rakyat. Di kunjungannya yang kedua di Kabupaten Kebumen ini, Erick Thohir memuji kolaborasi hebat 3 unsur untuk mensejahterakan rakyat.

"Hari ini kita saksikan, pak Bupati dan Kementerian Perdagangan perbaiki pasarnya, kami Kementerian BUMN hadir sediakan dana murah untuk permodalan kerja," terangnya.

Selain direhab bangunan fisiknya, Pasar rakyat Kejawang Sruweng dan pasar Dorowati Klirong Kebumen juga dibangun modern. Diketahui, Pasar Dorowati dibangun selama kurang lebih lima bulan dengan 266 los dan 52 kios. Sedangkan Pasar Kejawang direvitalisasi dengan dana TP APBN Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp4 milyar, memiliki luas 796 meter persegi dengan 123 los serta 9 kios. Kedua pasar ini sudah melayani transaksi non tunai melalui fasilitas QR Code Indonesian Standard (QRIS). (SK/FM)