Pelajari Matematika dan IPA, Warga Binaan Rutan Kebumen Belajar Bersama di SKB

 


Warga binaan Rutan kebumen akan melaksanakn belajar bersama di SKB.(ft sk/ist) 

KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Warga Binaan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kebumen kembali ikuti kegiatan belajar bersama Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Kebumen, Sabtu (22/10). Mata pelajaran yang diajarkan hari ini adalah Matematika dan IPA.

10 (Sepuluh) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Kebumen mengikuti pembelajaran dengan antusias dan semangat yang tinggi. Hingga saat ini terdapat 13 (tiga belas) orang siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran bersama SKB Kabupaten Kebumen dan merupakan warga binaan itu sendiri. Namun hari ini hanya 10 (sepuluh) orang yang mengikuti pembelajaran dikarenakan 1 orang warga binaan sedang sakit dan 2 orang lainnya sedang mengikuti pembinaan kemandirian di Bengkel Kerja Rutan Kelas IIB Kebumen.

Terdapat 2 orang pengajar yang disediakan oleh Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Kebumen yang setiap harinya memberikan materi kepada warga binaan. Kegiatan SKB dilaksanakan setiap hari Selasa dan Sabtu. 

SKB sendiri merupakan bentuk Satuan Pendikan Nonformal Sejenis yang menyelenggarakan program pendidikan nonformal, maka SKB seperti halnya sekolah pada umumnya, ia adalah satuan pendidikan, bedanya SKB menyenggarakan pendidikan nonformal, sedangkan sekolah menyelenggarakan pendidikan formal.

Bentuk pendidikan nonformal yang diselenggarakan SKB dapat berupa pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja, pendidikan kesetaraan, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang ada. (*)