Apel Kebangsaan Awali Kegiatan HUT 1 Abad PSHT Kebumen

 

Kegiatan apel kebangsaan dalam rangka 1 abad PSHT.(ft sk/ist)

KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Apel Kebangsaan menandai jalanya peringatan Hari Jadi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) yang Satu Abad atau ke 100 tahun, yang diselenggarakan PSHT Cabang Kabupaten Kebumen Pusat Madiun. Kegiatan dimeriahkan dengan penampilan atraksi pencak silat dari PSHT Kebumen.

Apel dipimpin Warga PSHT Bambang Priyohardi dan sebagai Pembina Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri, S.I.P, di Halaman Pendopo Kebumian Kebumen, Sabtu, 22 Januari 2022. Hadir secara langsung Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama, serta jajaran Forkopimda lainya dan sejumlah OPD. 

Selain itu, Ketua Cabang PSHT Kebumen Pusat Madiun Agus Eko Purwono, dan perwakilan berbagai perguruan pencak silat di Kabupaten Kebumen. Kegiatan berlangsung meriah dan penuh Khidmat.

Dalam sambutan Bupati tertulis yang dibacakan Dandim 0709 Kebumen menyampaikan ucapan selamat Ulang Tahun yang ke-100 kepada keluarga besar PSHT Kebumen. Melalui momentum ini diharapkan kedepan PSHT bisa semakin solid, jaya dan mampu membawa kemajuan dan kebaikan, baik bagi organisasi maupun masyarakat luas. 

"PSHT adalah sebuah organisasi dan perguruan pencak silat yang besar. Anggotanya juga sangat banyak. Kiprahnya dalam memasyarakatkan dan menjaga warisan luhur budaya bangsa berupa pencak silat sudah tidak diragukan lagi. Begitu pula prestasinya. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi," ucap sambutan Bupati yang dibacakan Letkol Inf Eduar Hendri.

Lebih lanjut Bupati memandang Pencak silat memiliki peran penting dalam menjaga ke-Indonesiaan. Termasuk sebagai warisan budaya bangsa, pencak silat diharapkan mampu mengakarkan rasa cinta tanah  air, bangga dengan budaya sendiri, sekaligus semangat untuk menyebarkanluaskannya ke seantero dunia. 

"Ini penting, karena seiring dengan laju modernisasi dan perkembangan teknologi, tantangan yang kita hadapi juga semakin berat. Serbuan budaya luar, dekadensi moral, ancaman perpecahan,  dan bentuk- bentuk pelanggaran norma dan hukum adalah tantangan bersama saat ini.’’imbuhnya.

Di sisi lain, Bupati juga meminta sinergitas bersama agar turut mendukung kemajuan pembangunan di Kabupaten Kebumen. Tak terkecuali PSHT, agar mampu melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik dan optimal, serta berkolaborasi dengan elemen lain, agar menjadi energi kebaikan yang besar. 

"Dalam kaitan tersebut, kegiatan ini hendaknya menjadi wahana untuk meneguhkan  karakter, kapasitas dan wawasan kebangsaan bagi keluarga besar PSHT. Keluarga besar PSHT diharapkan  tampil menjadi kader yang berkualitas. Juga dapat mengoptimalkan perannya sebagai mitra Pemerintah. Berperan dalam pembangunan dan ikut menciptakan iklim sejuk dan kondusif.’’katanya.

Terakhir Bupati mengajak untuk menjadikan Kabupaten Kebumen sebagai Kabupaten yang sejuk dan penuh energi kebaikan. Pembangunan ini membutuhkan uluran tangan kita semua. 

"Bersama, mari kita wujudkan hari esok yang lebih baik."tandasnya.(*)