SMA Negeri 1 Kebumen Kedatangan Rombongan Jaksa Kejari Kebumen


KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Pemandangan tak biasa tampak saat rombongan Jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kebumen berkunjung ke SMA Negeri 1 Kebumen. Kedatangan mereka bukan tanpa sebab, melainkan ingin memberikan edukasi kepada para siswa mengenai persoalan hukum.


Kegiatan bertajuk ‘Jaksa Masuk Sekolah’ ini merupakan program Kejaksaan Agung RI bagi jajaran Korps Adhyaksa di seluruh wilayah Indonesia. Rombongan Kejari Kebumen dipimpin langsung oleh Jaksa Fungsional Kejari Kebumen, Trimo.


Trimo menjelaskan, bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk menyampaikan fungsi preventif dengan mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan penerangan hukum. Selain itu, agar para peserta didik memahami dan mengerti tentang persoalan hukum sejak dini, sehingga kedepan tidak muncul dorongan untuk melakukan perbuatan yang melanggar hukum.


“Diharapkan para siswa yang mengikuti kegiatan ini mengetahui apa yang dimaksud penanganan hukum,” ucap Trimo, Kamis (2/9/2021) pagi.


Selain dihadiri perwakilan peserta didik dan segenap guru serta karyawan. Kegitan yang berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Kebumen itu juga diikuti secara daring mengingat masih suasana pandemi Covid-19.


Program ini digelar sebagai bentuk upaya menumbuhkan kesadaran hukum bagi masyarakat khususnya kalangan pelajar. Beberapa hal yang disampaikan dalam paparannya seperti fungsi penegakan hukum serta hukum tentang perlindungan anak.


“Bagaimana menjadi bagian perlindungan anak supaya di SMAN 1 Kebumen ini tidak ada yang menjadi korban atau pelaku tindak pidana perlindungan anak,” bebernya.


Ia menyebutkan, pertemuan tersebut merupakan kali ketiga Kejari Kebumen bersafari ke sekolah-sekolah. Kedepan, pihaknya menarget dapat mengakomodir kegiatan serupa di beberapa lain sekolah bahkan hingga sekolah yang berada di wilayah pelosok Kebumen.


“Kalau tahun ini sudah yang ketiga, tahun lalu sudah lebih dari sepuluh kegiatan. Jadi kita masuk dari wilayah pinggiran mulai Rowokele sampai Kutowinangun,” sebutnya.


Sementara, Kepala SMA Negeri 1 Kebumen, Rachmat Priyono menyambut baik dan mengapresiasi program dari Kejari Kebumen. Kegiatan itu menurutnya menjadi pengetahuan baru bagi para siswa dan guru.


“Kami atas nama sekolah sangat apresiasi kegiatan ini, karena banyak hal atau pelajaran yang dapat diambil dari perspektif hukum,” ucapnya.


Lebih lanjut, melalui pemahaman hukum sejak dini diharapkan akan membantu proses pembentukan karakter anak bangsa yang berbasis hukum. Untuk itu, ia meminta agar program demikian dapat digencarkan kembali.


“Kedepan semoga bisa dilanjutkan, mungkin menyangkut beberapa persoalan hukum yang bisa di pelajari oleh anak sehingga tahu dampak yang akan terjadi,” tutup Rachmat. (hfd)