Rangkaian HUT ke-61, Bertema "Konsisten Berkarya untuk Bangsa" Karang Taruna Jogosimo Lepasliarkan Puluhan Tukik



KLIRONG, (seputarkebumen.com)- Pengurus dan anggota Karang Taruna Pantai Indah Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong menggelar sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Karang Taruna ke-61, Minggu (26/09).



Rangkaian peringatan HUT Karang Taruna ke-61 dengan tema Konsisten Berkarya Untuk Bangsa itu diawali dengan pelepasliaran anak penyu atau tukik ke habitat asalnya, yakni di pantai wilayah desa setempat. 



Selain pelepasliaran anak penyu, acara yang diperingati setiap satu tahun sekali, yakni setiap tanggal 26 September itu juga diisi dengan refleksi HUT Karang Taruna ke-61, perform musik akustik, pentas seni dan sastra serta kongkow budaya. Rangkaian acara ditutup dengan pemasangan sejumlah tiang lampu penerangan disejumlah titik jalan alternatif desa setempat. 



"Pelepasliaran puluhan satwa liar dilindungi ini merupakan salah satu simbol dari komitmen warga Karang Taruna terhadap upaya pelestarian alam, terutama diwilayah desa kami ini," terang Ketua Panitia HUT Karang Taruna ke-61 Desa Jogosimo, Defa kepada seputarkebumen.com .



Defa menuturkan, Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan yang ada di desa Jogosimo berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi desa melalui penguatan sumber daya pemuda yang ada.



"Banyak teman-teman muda yang terlena oleh gemerlap kota dan terisolasi secara ekonomi akhirnya merantau ke kota-kota besar. Ini menjadi keprihatinan kita bersama. Kita ingin desa sebagai kampung halaman juga sekaligus dapat menjadi lapangan kerja serta menjadi ruang berekspresi, berkreasi dan berinovasi yang representatif, terutama bagi para pemuda. Desa harus kuat secara ekonomi dan sosial serta punya kepribadian dalam budaya," katanya. 



Defa menambahkan, di usianya yang ke-61, Karang Taruna, terutama yang ada di desa-desa kedepan harus mampu menjawab tuntutan dan tantangan zaman serta memberikan solusi kongkrit terhadap permasalahan pemuda desa melalui pemberdayaan dan penguatan kapasitas sumber daya muda yang ada.



"Sebagaimana tema HUT Karang Taruna ke-61 ini, kami berkomitmen untuk terus konsisten dalam berkarya membangun bangsa mulai dari desa," tandasnya.(*)