Gus Hakim Nahkodai Badko LPQ Kabupaten Kebumen

Pelantikan pengurus Badko LPQ Kabupaten Kebumen periode 2020-2025 di Mexolie Hotel, Kamis (30/9/2021). SK/Hafied

KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Kyai Hakim Musaffa Syatibi (Gus Hakim) secara resmi dilantik sebagai Ketua Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Quran (Badko LPQ) Kabupaten Kebumen masa jabatan 2020-2025, Kamis (30/9/2021) pagi.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayah, Wonoyoso, Bumirejo Kebumen ini bersama pengurus lain dilantik di Mexolie Hotel Kebumen oleh Wakil Ketua LPQ Provinsi Jawa Tengah, Fatah Syukur. Pelantikan disaksikan langsung Sekda Kebumen, Ahmad Ujang Sugiono mewakili Bupati Kebumen serta Kepala Kemenag Kebumen.

Gus Hakim mengatakan, para pengurus ini memiliki tantangan tersendiri dalam menyampaikan pesan Qurani, dimana tanpa disadari kehidupan global telah menggerus nilai moral di kalangan generasi muda islam.

“Tantangan dan pekerjaan rumah kita cukup banyak, tapi ketika dilakukan bersama secara massif Insyaallah outputnya tidak mengingkari kita dalam berproses,” bebernya.

Keikhlasan dan Dedikasi Jadi Kunci

Butuh concern para pengurus sebuah lembaga yang mengkaji muatan Al Quran untuk mampu menyusun pelayanan pengajaran yang bermutu. Sehingga marwah TPQ sebagai lembaga pendidikan agama dapat berjalan efektif.

“Keikhlasan dan dedikasi menjadi modal penting pengembangan suatu lembaga keagamaan. Dengan dasar vertikal dan horizontal inilah kita akan mewujudkan cita-cita luhur dari anak-anak kita,” terangnya.

Ia percaya, bahwa kader pengurus hingga tingkat kecamatan mampu membawa LPQ sebagai naungan menjadi wadah mencetak generasi unggul serta membumikan nilai-nilai Al Quran.

“Ya bagaimanapun konsep dalam mentransfer khasanah keilmuan tentang Quran berangkat dari pemikiran dan kerja keras pengurus. Harus peka terhadap perkembangan zaman,” imbuh Gus Hakim.

Disebutkan, beberapa rencana program kegiatan yang akan dilakukan pada masa periode ini mulai dari penyusunan legalitas, penyusunan kurikulum hingga peningkatan kapasitas tenaga pengajar.

“Sudah dibentuk masing-masing bidang termasuk bidang organisasi, hukum dan advokasi, bidang ini nantinya yang akan menata dan menyusun legalitas hingga Kemenkumham. Ada juga penyesuaian kurikulum yang akan diterapkan,” sebutnya.

Pada kesempatan itu sekaligus pelantikan pelantikan pengurus Badko LPQ tingkat kecamatan berlanjut digelar rapat kerja dan pembinaan ustadz/ustadzah LPQ se Kabupaten Kebumen. Kegiatan tampak berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sementara, Sekda Kebumen, Ahmad Ujang Sugino menyampaikan,bahwa pihaknya menaruh harapan besar keberadaan pengurus Badko LPQ hingga tingkat kecamatan ini mampu berkembang serta meningkatkan kualitas pendidikan Al Quran di Kabupaten Kebumen.

“Harapan kita bersama tentunya pendidikan Al Quran dapat berkembang, kalau berkembang masyarakat semakin rukun, damai dan sejahtera,” jelasnya. (hfd)