DPC PKB Kebumen Kejar Capaian Target Vaksinasi

Sekretaris Umum DPC PKB Kebumen, Sri Hari Susanti

KEBUMEN
, (seputarkebumen.com)- Percepatan target vaksinasi bagi masyarakat sedang berlangsung di Kabupaten Kebumen. Tidak sedikit sejumlah elemen membantu program pemerintah dalam mewujudkan hal itu, termasuk DPC PKB Kebumen yang tengah menggelar vaksinasi untuk kali kedua.

Kegiatan vaksinasi berlangsung selama dua hari di Komplek Stadion Chandradimuka Kebumen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Adapun vaksinasi ditujukan bagi masyarakat umum yang ingin menjalani vaksin dosis kedua karena dosis pertama sudah terlaksana pada Agustus lalu.

“Kita melanjutkan rangkaian vaksin bulan sebelumnya, artinya kita terus bergerak mendukung program pemerintah untuk mencapai target vaksinasi dalam rangka membentuk kekebalan komunal,” jelas Sekretaris Umum DPC PKB Kebumen, Sri Hari Susanti, Selasa (28/9/2021).

Santi menyampaikan, pihaknya menyediakan sedikitnya 1.000 dosis vaksin jenis Sinovac untuk rangkaian kegiatan vaksinasi selama dua hari. Namun begitu, tidak menutup kemungkinan akan menambah dosis jika antusias masyarakat cukup tinggi.

“Jadi hari pertama kita sediakan 500 dosis dan berlanjut hari berikutnya juga totalnya sama. Seandainya kalau masyarakat mengharapkan lebih dari 1.000 maka kita akan tambah,” kata dia, disela monitoring vaksin.

Merujuk data vaksinasi yang dirangkum Dinkes Kebumen, pada pekan kedua September ini capaian vaksin di Kebumen baru sekitar 342.661 atau 34,40 persen dari target 1.061.418. Dengan rincian vaksin dosis 1 sebanyak 213.066 atau sekitar 20,07 persen, vaksin dosis 2 sebanyak 127.444 atau sekitar 12,01 persen, sedangkan vaksin dosis 3 untuk nakes sejumlah 2.151.

Secara terpisah, Ketua PPNI Kebumen Tri Tunggal Eko Sapto menyebutkan untuk gelaran vaksinasi atas inisiasi PKB Kebumen ini pihaknya melibatkan setidaknya 50 tenaga medis yang berasal dari berbagai Puskesmas.

“Dua hari pelaksanaan vaksinasi di komplek Stadion ini kita menerjunkan sekitar 52 tenaga medis dari Puskesmas Klirong 2, Ambal 2, Bonorowo dan Puring. Mereka (tenaga medis) bekerja secara bergantian,” tuturnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga terus berjibaku melayani masyarakat untuk mendapatkan vaksin baik di tempat layanan kesehatan milik pemerintah maupun swasta. Perlakuan ini merupakan tuntutan profesi dalam menjalankan misi kemanusiaan.

“Penanganan pandemi Covid-19 ini PPNI cukup sibuk khususnya membackup full kegiatan vaksinasi di Kebumen. Entah itu di Puskesmas atau bentuk kerjasama berbagai pihak,” ungkapnya.

Seorang penerima vaksin, Khoirun Nisa menyampaikan ucapan terimakasih atas gelaran vaksin oleh PKB Kebumen. Kegiatan ini cukup membantu dirinya bersama teman lain untuk mendapatkan vaksin.

“Saya berterima kasih kepada PKB yang sudah membuat acara ini. Saya bersama teman cukup dipermudah karena kalau di tempat lain mungkin harus nunggu lama,” terang dia yang juga Mahasiswa IAINU Kebumen. (hfd)