PCNU Kebumen Minta RPJMD Ketua Berpihak Atasi Penguatan Ideologi


KEBUMEN- (seputarkebumen.com)- Ketua PCNU Kebumen, KH Dawammudin Masdar meminta dalam rancangan RPJMD Kabupaten Kebumen 2021-2026 tidak luput untuk fokus pada penguatan ideologi bangsa.


“Saya mencermati perlu adanya penguatan ideologi negara, ini kedepan mau seperti apa,” ucap dia, saat menghadiri Publik Hearing Rancangan RPJMD di Gedung DPRD Kebumen, Selasa (8/3/2021).


Langkah itu, menurut Kyai Dawam dinilai cukup penting dan strategis bagi masyarakat untuk menyerap nilai-nilai luhur Pancasila. Penguatan ideologi merupakan rangkaian upaya dalam menangkal faham yang mengarah segala bentuk intoleransi.


“Selain penting memprioritaskan bidang keagaamaan untuk memupuk akhlak karimah, juga butuh deradikalisasi salah satunya dengan penguatan ideologi itu tadi,” imbuhnya.


Menanggapi hal itu, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono menyampaikan sejauh ini eksekutif bersama legislatif telah berupaya membangun penguatan sistem tata kelola pemerintahan yang baik guna mendorong kinerja agar lebih optimal. Termasuk Bakesbangpol Kabupaten Kebumen yang memiliki tugas dan fungsi penguatan ideologi Pancasila.


“Kalau penguatan ideologi negara kita sudah berusaha dengan DPRD. Instansi yang mengurusi hal ini sudah kita perkuat tadinya kantor Kesbangpol jadi badan,” jelasnya.


Tak hanya itu, dalam penyusunan arah kebijakan melalui rancangan RPJMD juga tercantum dukungan anggaran yang terus ditambah dari tahun ke tahun untuk penguatan ideologi di Kabupaten Kebumen.


“Kegiatan di Kesbangpol ini anggaran meningkat, dari 2020 hanya Rp 179 juta sampai 2025 Rp 2,6 miliar untuk mengatasi permasalahan ideologi yang muncul dari berbagai persoalan,” bebernya. (hfd)