May Day: DPC K-SPSI Kebumen Sematkan Penghargaan untuk Pekerja Teladan

 


KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Peringatan Hari Buruh atau May Day di Kebumen berlangsung damai, bahkan DPC K-SPSI Kebumen yang menaungi para kaum buruh memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan bagi pekerja teladan di Kebumen.

Kegiatan bertajuk Serikat Pekerja Award berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen. Hadir secara pribadi Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yonattama, serta Kepada Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Kebumen Siti Kharisah.

"Acara ini adalah upaya untuk merubah image Hari Buruh yang terkesan seram dan menakutkan selama ini karena sering diisi aksi unjuk rasa atau demo yang sering berujung rusuh, untuk itu kami berupaya merubah stigma itu dengan cara  pemberian penghargaan kepada para pekerja teladan di Kebumen agar lebih bersemangat untuk meningkatkan produktifitas kerja yang kami rangkai dalam acara Serikat Pekerja Award," jelas Ketua DPC K-SPSI Kebumen, Akif Fatwal Amin, Sabtu (1/5/2021).

Lebih lanjut, Akif menjelaskan, untuk mendapatkan kategori sebagai pekerja teladan setidaknya ada beberapa kriteria dan tahapan dalam penentuan seperti telah bekerja minimal 5 tahun, tidak pernah absen selama satu tahun terakhir.

Selain itu, berkelakuan baik serta telah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan tahapan penilaian adalah seleksi administrasi untuk menentukan 10 besar dan dilanjutkan interview baik secara langsung maupun secara darring.

Sementara, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan tersebut. Ia menyampaikan bahwa sebentar lagi akan kedatangan investor baik dalam negeri maupun luar negeri untuk mengembangkan sektor industri di Kebumen.

"Sebentar lagi mas Akif dan teman-teman, kita akan kedatangan investor-investor yang akan mendirikan pabrik di Kebumen, diantaranya pabrik pengolahan porang sampai kepada produk turunannya yang mana mas Akif juga menekuni pertanian porang" jelasnya.

Menurut Akif, Serikat Pekerja Award ini diselenggarakan yang ketiga kalinya dan baru ada di Kebumen. Ia berharap, kegiatan serupa kedepan dapat digelar lebih meriah lagi sebagai pemantik semangat para pekerja.

"Mudah-mudahan bisa menjadi event Nasional nantinya," harapnya.

Pada kesempatan itu, secara pribadi Bupati Kebumen menyerahkan penghargaan kepada para Pekerja Teladan Kebumen terpilih berupa Piagam Penghargaan Serikat Pekerja Award berupa THR.

Adapun untuk juara 1 diberikan penghargaan berupa uang sebesar Rp 1 juta sekaligus parcel lebaran, juara 2 yaitu Piagam Penghargaan, THR Rp 750 ribu dan parcel lebaran, untuk juara 3 Piagam Penghargaan, THR Rp 500 ribu dan parcel lebaran. Sementara untuk harapan 1-3, masing-masing mendapatkan piagam penghargaan THR Rp 250 ribu dan parcel lebaran.

"Juara 1 diraih oleh Nur Khamid pekerja dari perusahaan CV. Srikandi Makmur Sejahtera (Kecap Kencana) Kebumen, juara 2 Masyudin pekerja house keeping di PT. MPS Sempor, sedang juara 3 diraih oleh Irwan Sutopo pekerja PT. Rama Gombong Sejahtera" ungkap Heru Rahman, salah satu panitia acara. (hfd)