Bupati Arif Sugiyanto Berharap Kebumen Kembali Bisa Anugerah Parahita Ekapraya



KEBUMEN - (seputarkebumen.com) Bupati Kebumen Arif Sugiyanto berharap Kebumen kembali meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Hanya saja, yang utama adalah kesetaraan dan keadilan gender, serta perencanaan responsif gender dan anggaran yang responsif gender di Kabupaten Kebumen harus betul-betul bisa berjalan relevan dan baik.


Hal itu disampaikan bupati seusai mengikuti verifikasi lapangan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 oleh tim verifikator independen Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Verifikasi lapangan diikuti bupati secara virtual dari Ruang Jatijajar kompleks Pendapa Rumah Dinas Bupati Kebumen, Selasa (23/03/2021).


Verifikasi lapangan juga diikuti Wakil Bupati Kebumen Rista Purwaningsih, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen Iin Windarti Arif Sugiyanto, Sekda Ahmad Ujang Sugiyono, serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Kebumen.


Bagi Kabupaten Kebumen yang telah menerbitkan Perda Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pengarusutamaan Gender, APE untuk kategori utama diterima pada tahun 2018. Tahun-tahun sebelumnya, Kabupaten Kebumen juga menerima APE untuk kategori pratama di tahun 2009, 2011, dan 2016, serta kategori madya di tahun 2014. (*)