Warga NU Diminta Siap untuk Vaksinasi Covid-19

Foto : Ketua PCNU Kebumen, KH Dawamudin Masdar (sk/hafied)


KEBUMEN, (seputarkebumen.com) - Meski tak dapat dipungkiri program vaknisasi Covid-19 menuai beragam respon dari masyarakat. Namun demikian, PCNU Kebumen meminta kepada segenap warga nahdliyin untuk mendukung pemerintah dalam penanggulangan virus Covid-19 melalui vaksinasi.

“Ya warga NU harus mendukung program tersebut dan siap untuk di vaksin,” kata Ketua PCNU Kebumen, KH Dawamudin Masdar, Kamis (7/1/2020).

Kepada hestek.id, Dawamudin menjelaskan dalam pandangan NU vaksinasi menjadi salah satu cara yang dinilai efektif dalam penanggulangan penyebaran virus Covid-19. Sehingga laju perkembangan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, khususnya di Kebumen dapat ditekan secara optimal melalui vaksin.

“Perspektif NU vaksinasi merupakan bentuk ikhtiar untuk menjaga keselamatan nyawa atau jiwa manusia (hifdzun nafs),” ujarnya.

Selama hampir setahun, lanjutnya, sebanyak 234 tokoh dan ulama NU wafat dimasa pandemi Covid-19. Sehingga dibutuhkan kolaborasi serta komitmen lintas sektoral untuk menanggulangi ancaman dari virus memtikan tersebut.

“Sikap PCNU Kebumen mendukung penuh terhadap pelaksanaan vaksinasi, untuk keselamatan kyai dan santri kita serta seluruh warga masyarakat,” tandasnya.

Seiring persiapan jelang vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kebumen. Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas Kesehatan telah memetakan segmen prioritas pelaksanaan vaksinasi yang rencananya akan dimulai 14 Januari 2020 mendatang.

Pada tahap pertama, Kebumen mendapat kuoata sebanyak 6.973 dosis vaksin jenis Sinovac yang akan ditujukan kepada tenaga kesehatan. Pemkab kebumen juga akan menerjunkan 2.372 tenaga vaksinator dalam mensukseskan program vaksinasi Covid-19. (Hfd)