Bisnis Ikan Hias Tak Goyah Diterpa Pandemi

Foto : Jenis ikan hias yang diburu dimasa pandemi Covid-19.

KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Salah satu sektor usaha yang tak bergeming diterpa pandemi Covid-19 adalah bisnis ikan hias. Justru dimasa pandemi ini omset penjualan ikan hias cenderung meningkat dibandingkan dalam kondisi normal.

Nur Haryadi, seorang penjual ikan hias di komplek Pasar Tumenggungan Kebumen mengaku, lapak jualannya yang menyediakan beragam jenis ikan hias serta kebutuhan aquarium sering ramai pembeli selama masa pandemi.

“Alhamdulillah ada aja yang datang beli. Sebelumnya sehari dapat Rp 250-300 ribu sekarang bisa lebih,” ungkapnya, baru-baru ini.

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas dan ruang gerak masyarakat memunculkan tren hobi baru yakni memelihara ikan hias. Dengan begitu, minat yang tinggi berpengaruh pada tingkat penjualan.

“Mungkin dirumah jenuh aktivitasnya monoton gitu ya, jadi disalurkan ke hobi pelihara ikan,” ucapnya.

Nur bercerita, sebelum pandemi penjualan ikan hias dinilai relatif stabil. Namun memasuki bulan ke empat Covid-19 menyebar di Indonesia penjualan mulai berangsur meningkat.

“Awal-awal belum begitu, berjalan waktu mulai muncul yang datang bukan orang biasa kesini. Jadi banyak yang cari orangnya baru,” imbuhnya.

Hal senada dirasakan penjual ikan hias, Lestari Widjaja di Jalan Pramuka No 33 Kebumen. Ia mengatakan penjualan ikan hias dan property aquarium saat pandemi tidak terpengaruh seperti sektor lain.

“Karena hobi tidak terpengaruh seperti sekarang. Mereka datang karena memang hobi,” jelasnya.

Bahkan melesatnya pamor bisnis hobi ditengah pandemi. Ia berencana melebarkan sayap usaha dengan membuka segmen bisnis hobi lain disamping tempat usaha saat ini.

“Dalam waktu dekat kita tambah petshop yang menyediakan berbagai kebutuhan kucing dan pakan,” terangnya.

Ia menyebutkan, beberapa jenis ikan hias yang sering diburu pembeli selama pandemi seperti Arwana, Koi, Koki, Cupang, Golden Black, Redpin Albino, Balasak, Panser, Chana, Gupi, Barbir serta aneka jenis ikan lain.

“Paling itu banyak yang dicari, juga harganya variatif dari ribuan sampai jutaan tergantung jenis ikan,” imbuhnya. (hfd)