Sahabat Disabilitas Kebumen Buka Showroom Alat Bantu Tunadaksa




KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian lebih terhadap penyandang disabilitas. Sahabat Disabilitas Kebumen (SDK) membuka showroom alat bantu bagi tunadhaksa, Sabtu, (19/07/2020).


Bekerjasama dengan CV Japro Medika yang bergerak di bidang penjualan dan pembuatan alat kesehatan, khususnya kaki palsu, tangan palsu dan alat bantu orthopedi lain. SDK tidak hanya ingin memberikan pendampingan semata. Melainkan berkontribusi penyertaan alat bantu.


"Ini memberikan dorongan semangat bagi kerabat, penggiat, pendampingan para disabilitas. Kami mendukung program tentang pendampingan pada disabilitas yang ada," ucap Hardi Nugroho, pengurus SDK.


Hardi menambahkan, selama tiga tahun terbentuk. SDK sebagai wadah pendampingan penyandang disabilitas telah melakukan berbagai pendampingan. SDK terus mencoba memberikan terobosan salah satunya bekerjasama dengan Japro Medika. 


"Semoga ini menjadi awal langkah mensejahterakan disabilitas yang notabene tersebar di berbagai desa. Ada kurang lebih 13 ribu disabilitas yang semuanya belum tentu mendapatkan haknya," imbuhnya.


Berpusat di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Japro Medika sendiri didirikan sejak 2013 lalu. Sesuai akta pendirian, perusahaan yang bergerak di alat bantu orthopedi ini telah resmi membuka cabang atau showroom di Kebumen, tepatnya di Desa Kuwayuhan RT 03/02, Kecamatan Pejagoan.


Pendiri Japro Medika, Muhammad Abdul Rozak menuturkan, bermodalkan pengalaman pembuatan alat bantu disabilitas dari berbagai wilayah di Indonesia. Japro Medika akan memberikan kualitas dan harga terjangkau bagi yang membutuhkan alat bantu disabilitas.


"Kita menyesuaikan budget dan kebutuhan, yang jelas ada juga membuat alat bantu secara otodidak tanpa ilmu medis khusus. Di kami tidak," paparnya.


Dihadapan perwakilan Dinas Kesehatan Kebumen, Dinas Sosial Kebumen serta DPRD Kebumen. Abdul Rozak meminta kehadiran Japro Medika di Kebumen mampu bersinergi seluruh elemen guna mengangkat derajat penyandang disabilitas.


"Kami hadir di Kebumen bekerjasama dengan SDK. Semoga kedepan Japro Medika bersama SDK membawa kebaikan untuk penyandang tunadaksa yang ada di Kebumen," pungkasnya. (Hfd).