Begini Suasana Razia Masker di Kebumen Yang Bikin Grogi Pengendara Motor

KEBUMEN (SeputarKebumen) - Sejumlah petugas dari Satlantas Polres Kebumen, Selasa (25/8/2020) nampak dikerahkan ke Jalan Pahlawan, tepatnya di depan gedung DPRD Kebumen. Plang penanda adanya operasi kepolisian pun di pasang. Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Muh Rikha Zulkarnain sigap mengkomando para petugas untuk menempatkan diri di titik-titik yang telah direncanakan.

Dari titik bertugas, petugas kepolisian dari Satlantas mengarahkan pelintas jalan protokol di sebelah selatan alun-alun Kebumen untuk menepi. Sontak kegiatan ini sempat membuat grogi para pengguna jalan khususnya pengendara roda dua yang melintas. Ternyata, para petugas ini bukan sedang dalam operasi pemeriksaan kelengkapan kendaraan.

"Bukan, hari ini kami menggelar sosialisasi kedisiplinan protokol kesehatan. Jadi Sat Lantas hari ini mengecek para pengguna jalan agar patuh protokol kesehatan mengenakan masker," terang AKP Muh Rikha Zulkarnain

Reaksi warga pun tak terduga. Para pengguna jalan yang semula terlihat tegang, berubah menjadi senyum saat para personel Sat Lantas mengingatkan untuk mengenakan masker. Pengguna jalan yang tidak menggunakan masker, pada kesempatan itu dibagikan secara gratis.

"Kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kebumen," jelas Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan.

Lebih lanjut AKBP Rudy menyatakan, dari kegiatan itu diharapkan masyarakat paham tentang adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi virus corona. 

Hal ini penting dipahami seluruh warga masyarakat karena setiap harinya angka positif corona di Kebumen semakin meningkat. 

"Harus menjadi kebiasaan semua orang. Cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak. Mari bersama-sama kita kompak, putus mata rantai penyebaran virus corona covid-19 di Kebumen," imbau AKBP Rudy.

Sampai saat ini, Polres Kebumen dengan melibatkan seluruh personel gencar melakukan sosialisasi tentang protokol kesehatan melalui patroli Polres maupun Polsek, warga masyarakat selalu diingat untuk menerapkan protokol kesehatan. 

Dilansir dari laman resmi Tanggap Covid-19 Pemkab Kebumen, data hingga hari Rabu (26/8/2020), jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kebumen mencapai 176 orang dengan rincian, 151 sembuh, 20 dirawat dan 5 lainnya meninggal dunia. (Win/pF)