Sebanyak 1372 Jamaah asal Kebumen ikuti Manasik Haji Tingkat Kabupaten Kebumen, Ini Pesan Bupati


 Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Sukarno saat menghadiri kegiatan Manasik Haji Tingkat Kabupaten di hotel Candisari.(ft sk/ist)
KARANGANYAR, (seputarkebumen.com)- Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto membuka secara resmi kegiatan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Kebumen Tahun 1445 H / 2024 M di Aula Hotel Candisari Karanganyar, Sabtu (27/04/2024). Rencananya kegiatan akan berlangsung selama dua hari hingga Minggu, (28/04/2024) di tempat yang sama. Hadir, Kepala Kankemenag Kebumen H. Sukarno, jajaran Forkompimda Kebumen, Ketua MUI dan Ketua PCNU Kebumen.

Mengawali sambutaannya, di hadapan 1372 Jemaah Calon Haji Kabupaten Kebumen Bupati Arif memberikan apresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kebumen dan semua pihak yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya manasik haji ini. Ia berharap kegiatan manasik tersebut dapat memberikan wawasan dan pengetahuan sikap serta  prilaku kepada para Jemaah calon haji asal Kebumen dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar.

Karenanya Bupati berharap kepada para Jamaah Calon Haji agar dapat mengikuti manasik haji ini dengan sungguh-sungguh sehingga memperoleh pengetahuan dan ketrampilan, juga tata cara melaksanakan ibadah haji secara sistimatis sesuai dengan kaifiyah dan kaidah agama. Dengan demikian, diharapkan pada saatnya nanti, para calon jemaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar serta mandiri.  

“Bapak – bapak dan Ibu, monggo ikuti manasik haji ini dengan baik nggih, karena ini sangat penting untuk bekal kita bersama menunaikan ibadah Haji,” pesannya.

Lebih lanjut, Bupati mengingatkan bahwa perbedaan cuaca di Arab Saudi dan di tanah air sangat berbeda. Dikatakan, cuaca di Arab Saudi saat ini memasuki musim panas. Untuk itu ia mengingatkan agar jangan lupa menggunakan masker, jaga kesehatan, perbanyak minum air putih dan mematuhi peraturan yang disampaikan para petugas kloter.

Menyinggung petugas kloter, dijelaskan Bupati bahwa pada tahun ini Kabupaten Kebumen memberangkatkan 10 Petugas Haji Derah terdiri dari 3 petugas kesehatan, 4 pembimbing ibadah dan 3 pelayanan umum. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pelayanan kepada Jemaah membantu Petugas Kloter yang sudah disiapkan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan di masing – masing kloter.

“Alhamdulillah tahun ini Pemerintah Kabupaten Kebumen memberangkatkan 10 Petugas Haji Daerah yang akan menyertai Jemaah Haji Kabupaten Kebumen. Ini adalah salah satu komitmen kita untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh Jemaah Haji, semuanya kami biayai penuh dari anggaran Pemerintah Kabupaten Kebumen,” katanya.

Senada dengan Bupati,  dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Sukarno menyatakan pihaknya juga berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada seluruh Jemaah. Diungkapkan tugas Kemenag adalah memberikan pelayanan, perlindungan dan bimbingan kepada Jemaah Haji dengan sebaik-baiknya.

Terkait Jemaah Haji Kabutapen Kebumen tahun 1445 H/2024 M, diungkapkan Sukarno bahwa tahun ini Kabupaten Kebumen akan memberangkatkan 1372 Jemaah yang terbagi kedalam 5 kloter, yakni kloter 7, 8, 9, 10, dan 11 SOC.

”Rencananya, keberangkatan kloter awal yakni kloter tujuh kabupaten Kebumen akan dilaksanakan pada tanggal 12 Mei mendatang. Para jama’ah haji ini, akan transit terlebih dahulu di asrama haji Donohudan Solo sebelum diterbangkan ke tanah Suci,” jelasnya.(*)