Selamatkan Aset, Kemenag Kebumen Akan Fasilitasi 300 Sertifikasi Tanah Wakaf Gratis


Acara Rakor Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf di Momong Resto Kebumen.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen menargetkan terlaksana 300 sertifikasi tanah wakaf gratis di tahun 2024. Demikian diungkapkan Penyelenggara Zakat Wakaf Fahrudin pada kegiatan Rakor Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf, Kamis (07/03/2024) di Momong Resto Kebumen.

Rakor dibuka secara resmi oleh Kepala Kankemenag Kebumen yang diwakili Kasubbag TU Makruf Widodo. Hadir sebagai narasumber diantaranya Sukiman dari Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kebumen dan Martijo dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Kebumen (BPKPD).

“Melalui Rakor ini kami ingin menjalin sinergi dengan pihak - pihak terkait dan menghilangkan anggapan pengurusan sertifikasi tanah wakaf itu sulit dan berbiaya tinggi.” Ujar Fahrudin.

Disampaikan juga oleh Fahrudin, hal lain yang mendorong pihaknya menyelenggarakan rakor lintas sektor ini mengingat masih adanya persengketaan tanah wakaf di beberapa daerah di Kebumen. . “Kami ingin menyelamatkan aset – aset wakaf yang ada agar tidak bermasalah di kemudian hari,” tandasnya.

Maka, dalam kesempatan tersebut Fahrudin mendorong para peserta terutama Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf dan para Operator Pengelola (e–AIW) di KUA mengajak para Nazir di wilayahnya memanfaatkan program ini. 

Sebagai informasi, sertifikasi tanah wakaf merupakan salah satu program unggulan Kementerian Agama. Program ini bertujuan memfasilitasi tanah wakaf yang belum bersertifikat untuk mendapat sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).(*)