Usai Nobar Debat Cawapres, Bolone Mase Yakin Prabowo Gibran Menang Satu Putaran


Koordinator Relawan Bolone Mase Kabupaten Kebumen Beny Surahman bersama sekertaris PSI saat acara nobar cawapres.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)-Koordinator Relawan Bolone Mase Kabupaten Kebumen Beny Surahman menilai dalam debat ke dua calon wakil Presiden di JCC Senayan, Jakarta pada Minggu 21 Januari 2024, Calon Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tampil sebagai pemenangnya. 

Meskipun Gibran awalnya diremehkan dengan sebutan belimbing sayur dan samsul, Beny menilai putra sulung Presiden Jokowi itu bisa berdebat dengan baik, mampu menguasai materi. 

"Sama halnya dengan debat yang pertama, Mas Gibran malam ini tampil dengan baik. Selama ini dianggap belimbing sayur, samsul, yang kenyataannya malam ini, alhamdulillah tampil dengan baik," ujar Beny usai nonton bareng bersama 1000 relawan Bolone Mase di Gor Cipta Mulya Kecamatan Buayan, pada Minggu (21/1).

Beny mengklaim Gibran berhasil menjawab gagasan menggunakan data. Selain itu, Gibran juga disebut menyampaikan gagasan itu dengan intonasi datar, retorika, tidak membuai, tapi penuh dengan fakta apa adanya.

"Bahasanya pun gampang diterima oleh rakyat, gampang diterima oleh publik. Gibran nggak kaleng-kaleng," tuturnya.

Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Kebumen ini pun yakin semua orang menilai Gibran kembali menguasai debat cawapres ketimbang dua pesaingnya, Muhaimin Iskandar dan Mahfud Md.

"Kalau mau fair dan jujur, Mas Gibran memenangkan debat malam ini. Selain menguasai panggung, menguasai materi  tidak pakai catatan," ucapnya. 

Dengan begitu, semakin yakin, pasangan Prabowo-Gibran bakal menang satu putaran dalam Pemilu 2024. "Kita semakin yakin Prabowo Gibran menang satu putaran, dan itu memang lebih baik karena negara akan menghemat uang Rp17 triliun, bisa digunakan untuk bantu warga miskin," tandasnya.

Pihaknya bersama Bolono Mase juga menyatakan siap memenangkan Prabowo Gibran satu putaran. Ia terus membentuk simpul para relawan di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen, sampai tingkat, desa, RW hingga TPS.

"Hari ini juga melakukan konsolidasi tim pemenangan Prabowo Gibran di Kacamatan Kuwarasan dan Puring. Ada 1000 orang relawan dari desa, RW hingga TPS yang siap mengawal Pemilu 2024 untuk kemenangan Prabowo Gibran satu putaran," jelasnya.

Debat kedua cawapres kali ini merupakan rangkaian acara debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Jelang Pemilu 2024, KPU menjadwalkan lima kali debat Pilpres untuk ketiga calon presiden (capres) dan cawapres. 

Ketiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD tampak hadir pada sesi debat kali ini. Ketiganya bersama-sama saling beradu gagasan soal isu-isu yang diangkat berdasarkan tema debat yang telah ditetapkan oleh KPU. 

Tema debat cawapres kedua 2024, yaitu pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. 

Jalannya debat dipandu oleh dua orang moderator perempuan, yaitu Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar. Selain itu, debat kali ini juga melibatkan 11 orang panelis dari kalangan akademisi, aktivis, hingga pakar lingkungan.(*)