Senangnya 10 Siswa SMAN 1 Mirit Jalan-Jalan Naik Pesawat Bareng Bupati


10 siswa  SMAN 1 Mirit, Kebumen saat jalan-jalan ke Jakarta naik pesawat bareng Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Sebanyak 10 siswa  SMAN 1 Mirit, Kebumen akhirnya kesampean jalan-jalan ke Jakarta naik pesawat bareng Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. Mereka diajak ke Ibu Kota Negara pada Selasa 28 November 2023.

10 siswa itu kemudian mendapat kesempatan untuk mengunjungi Monumen Nasional (Monas) yang berada di Gambir, Jakarta Pusat. 10 siswa itu juga didampingi salah seorang guru sekolahnya.

Para siswa ini sebelumnya dapat hadiah tiket pesawat gratis untuk ikut kegiatan bareng Bupati di Jakarta. Hal itu lantaran mereka dinilai bisa memberikan jawaban atau pernyataan yang spektakuler pada saat mengikuti program Forkopimda mengajar.

"Alhamdulillah siswa-siswi ini bisa pergi study tour ke Jakarta. Jadi mereka ini siswa yang kemarin saya minta bercerita soal gagasan apa yang akan dilakukan ketika melihat ada temannya menjadi seorang penari tradisional," ujar Bupati.

"Dari ratusan siswa, 10 anak itu yang dinilai paling bagus jawaban atau gagasannya. Ada yang menyebut pengin jadi Event Organizer, ada lagi yang pengin jadi pengusaha kainnya, ada lagi yang pengin ljadi konten kreatornya. Sesuai janji Bupati, kita ajak jalan-jalan ke Jakarta,"terangnya.

Alasan mereka diajak ke Monas, selain melihat wisata iconik, juga sekaligus untuk mendukung program penguatan profil pelajar Pancasila. Karena Monas dibangun dengan penuh sejarah perjuangan bangsa. 

"Mereka di Monas bisa banyak belajar tentang sejarah Indonesia. Di situ terdapat relief yang penuh cerita dan makna dari  kemerdekaan Indonesia, Ada museum sejarah nasional. Mereka melihat langsung teks proklamasi yang asli dibacakan oleh Soekarno," ujar Bupati yang juga didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Yanie Giat Setyawan.

Setelah itu, mereka diajak berkeliling Monas, melihat Jakarta dari ketinggian. Para siswa ini juga diajak ke Masjid Istiqlal. Sebuah tempat ibadah yang juga memiliki sejarah, sama-sama dibangun pada masa Presiden Soekarno. Baru setelah itu mereka pulang dari Bandara Soetta ke YIA.

Salah seorang siswa Fani Pasha Aulia menyampaikan kegembiraannya bisa pergi ke Jakarta bareng orang nomor satu di Kebumen. Mengunjungi Jakarta dan Monas adalah pengalaman pertamannya. Ia bersama teman-temannya sangat terkesan dengan ajakan Bupati.

"Alhamdulillah kesampean juga, terima kasih banyak untuk Bapak Bupati, kami bisa diajak ke Jakarta, melihat suasana Ibu Kota. Kemudian ke Monas, ini baru pertama kali kami datang ke sini, asyik banget, banyak hal-hal baru yang kita dapatkan," ujar Fani.(*)