Mencetak Generasi Siap Kerja, SMK Maarif 1 Kebumen Hadirkan Guru Tamu dari Praktisi Industri


Siswa SMK Maarif 1 Kebumen saat gelar pelatihan dg menghadirkan guru tamu dari sejumlah praktisi industri atau Dunia kerja.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Untuk mempertajam skill dan keterampilan siswa, SMK Maarif 1 Kebumen menghadirkan guru tamu dari sejumlah praktisi industri atau Dunia kerja yang berkompeten. Salah satunya dari pelaku usaha media Kebumen24.com.

Program bertajuk ‘’Praktisi Dunia Kerja Mengajar’’ ini, digelar mulai Senin 2 Oktober hingga 11 Oktober 2023. Kegiatan diikuti para siswa dari Jurusan Multimedia/Desain Komunikasi Visual.

Kepala SMK Maarif 1 Kebumen Subhan menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari program SMK Pusat Keunggulan (PK), untuk memberikan gambaran teori dan praktik secara real dunia kerja. Harapanya agar para siswa setelah lulus nanti bisa menerapkan ilmu keahliannya secara langsung di dunia nyata.

‘’ Jadi ini merupakan program kami sebagai SMK PK dengan menhadirkan guru tamu dari praktisi dunia kerja secara langsung. Saya yakin narasumber mampu memberikan informasi, gambaran, dan banyak hal positif yang secara langsung bersumber dari dunia industri masa kini kepada para siswa. Diharapkan, kegiatan tersebut dapat memberikan efek positif utamanya dalam menerapkan pembelajaran kejuruan siswa,’’jelasnya, Senin 2 Oktober 2023.

Subhan menambahkan, kegiatan ini juga untuk mempersiapkan generasi muda agar siap terjun ke dunia kerja. Menurutnya ini merupakan cara yang efektif untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada peserta didik.

‘’Kegiatan ini sekaligus untuk mendekatkan dunia pendidikan dengan dunia kerja sehingga siswa dapat memperoleh pemahaman dan keterampilan, wawasan tentang perkembangan terbaru di industri yang lebih relevan dengan tuntutan pekerjaan di dunia nyata.’’imbuhnya.

Lebih lanjut Subhan menuturkan, kegiatan ini juga untuk membantu siswa membangun jaringan dengan praktisi industri. Ini dinilai dapat membuka peluang bagi siswa agar setelah lulus bisa lebih mudah berintegrasi ke dunia kerja.

‘’ Ini juga untuk mempersiapkan siswa agar lebih siap menghadapi tantangan dan tuntutan dunia kerja yang sebenarnya. Termasuk membantu mengurangi kesenjangan antara lulusan SMK dengan kebutuhan industri.’’pungkasnya.

Sementara itu, Pimpinan Kebumen24.com, M Tohri, dalam materinya memberikan motivasi dan bagaimana cara menguasai ilmu DKV agar bisa diterapkan di dunia kerja. Termasuk memberikan teknik dasar membuat Desain yang benar berbasis digital. Ini mulai dari teknik pengambilan gambar foto, video, editing hingga membuat content. 

Tak hanya itu, Tohri juga memberikan kiat kiat sukses di era digital melalui keahlian ilmu multimedia atau DKV. Menurutnya, DKV memiliki peranan penting di era teknologi seperti sekarang ini.

‘’Jaman sekarang hampir semua masyarakat memamfaatkan teknologi. Termausk pemerintah. Sosialisasi program, promosi produk dan lainya rata rata semua sekarang dilakukan dalam bentuk digital dan online. Nah kalo kita memiliki keahlian disini, tentu banyak peluang bisa kita tangkap. Mau jadi pengusaha bisa promosi sendiri, mau kerja di perusahaan juga banyak yang membutuhkan, bahkan bisa juga jasa pembuatan video film, usaha percetakan dan lainya,’’ujar Tohri.

Perlu diketahui, SMK Maarif 1 Kebumen memiliki sejumlah Jurusan Kompetensi. Diantaranya Multimedia/Desain Komunikasi Visual, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Elektronika Industri, Teknik Audio Video dan Perhotelan.

Khusus untuk Pembelanjaran DKV ini difokuskan pada penguasaan sebuah software desain, seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan lainya.(*)