Kabar Bagus !!! Satu KTP Resmi Dapat Subsidi Motor Listrik Viar Rp 7 Juta


Produk sepeda motor listrik Viar.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Pada 20 Maret 2023 pemerintah resmi menerbitkan aturan mengenai pemberian bantuan subsidi motor listrik untuk pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yakni motor listrik, besaran yang diberikan untuk pembelian motor listrik roda dua sebesar adalah sebesar Rp 7 juta per unit dan sudah diajukan sebanyak 200 ribu unit motor sampai pada Desember 2023. Adapun motor listrik yang bisa ikut program subsidi ini harus memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) minimal 40% mulai 20 Maret 2022, salah satu contoh nya adalah  VIAR New Q1 yang memiliki TKDN sebesar 50.26%.

Secara teknis, Pemerintah juga mengeluarkan kebijakan pada 28 Agustus 2023 mengenai perluasan penerima program bantuan untuk pembelian motor listrik roda dua berbasis baterai. Ketentuan ini sesuai dengan terbitnya Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Permenperin No 6 Tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua.

Pada Permenperin 21 Tahun 2023 ini disebutkan bahwa program bantuan diberikan untuk satu kali pembelian KBL Berbasis Baterai Roda Dua yang dilakukan oleh masyarakat dengan satu nomor induk kependudukan (NIK) yang sama. “Artinya, masyarakat yang ingin mendapatkan program bantuan pemerintah ini syaratnya adalah WNI berusia paling rendah 17 tahun dan memiliki KTP elektronik. Satu NIK KTP bisa membeli satu unit motor listrik," jelas Santoso Budiawan, Perwakilan dari Muncul Bursa Motor (Muncul Group) selaku pemegang merk Viar Motor di wilayah Jawa Tengah.

Permenperin 21 Tahun 2023 juga menegaskan, dalam melakukan proses pembelian KBL Berbasis Baterai Roda Dua, dealer perlu melakukan pemeriksaan kesesuaian data pembeli yang berbasis NIK yang terintegrasi dengan data Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri dengan menggunakan sistem informasi yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian. Data itu disebut Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (SISAPIRa).

*Disubsidi Rp7 Juta, Berapa Harga Motor Listrik Viar?*

“Melalui program bantuan pemerintah ini, masyarakat akan mendapat potongan harga sebesar Rp7 juta untuk pembelian satu unit VIAR New Q1. Sebagai contoh apabila harga OTR untuk VIAR New Q1 di JAWA TENGAH & DIY adalah Rp 21.640.000, consumen cukup merogoh dompet hanya 14 butaan saja." tutur Santoso.

Santoso menjelaskan bahwa Viar Q1 telah dibekali baterai litium-ion berkapasitas 60V 23Ah dengan opsi dua baterai pada satu motor. Motor ini diklaim dapat menempuh jarak 60 km dalam kondisi satu baterai terisi penuh dan kecepatan maksimal 60 km per jam. Untuk pengisian baterai dari 0 hingga 100 persen hanya butuh waktu 4-5 jam. Motor ini juga sudah menggunakan hidrolik cakram pada rem bagian belakang.

Santoso mengaku optimistis bahwa penjualan sepeda motor listrik dengan subsidi Rp 7 juta dari pemerintah akan disambut baik oleh masyarakat. Selain banyak pergerakan ekonomi yang mengarah ke Go Green, harga BBM yang terus naik, hal ini seiring dengan dilakukannya perluasan terhadap penerima subsidi motor listrik untuk umum, yang akan mengerek jumlah peminat hingga mencapai target yang ditetapkan pemerintah.

Bagi masyarakat yang berminat, bisa langsung ke Dealer Muncul Bursa Motor atau Muncul Motor terdekat yang ada.(*)