Gelar Silaturahmi di Kebumen, Ketua FGSNI sampaikan Program Kesejahteraan Guru Swasta ke Anies Baswedan


Ketua Umum Forum Guru Sertifikasi non-Inpassing (FGSNI) Agus Muhtar saat berbincang dg Capres Anies Baswedan.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Kedatangan Anis Baswedan ke Kebumen, dimanfaatkan oleh Forum Guru FGSNI untuk menyampaikan program kesejahteraan guru madrasah swasta di kebumen. 

Nampak Ribuan masyarakat Kebumen antusias menyambut kehadiran bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan saat melakukan silaturahmi dan acara maulid Nabi Muhammad SAW di Kebumen, Jawa Tengah, Senin (2/10/2023).

Agus Mukhtar, salah satu pengajar di MTs Al Ghazali di Kebumen, mengatakan bahwa masyarakat di Kebumen antusias menyambut kedatangan Anies. Tiba di Kebumen, Anies langsung menuju ke Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu.

Menurutnya, di Ponpes Al Kahfi Somalangu, ribuan masyarakat berduyun-duyun menyaksikan, bersalaman, dan foto bersama dengan Anies. 

"Masyarakat berebut foto dengan Pak Anies. Jadi, mayoritas masyarakat Kebumen kan Nahdliyin, jadi ketika panglima santrinya, Gus Imin, mendampingi Mas Anies sebagai bakal calon wakil presiden, maka sudah pastik kami mendukung pasangan Anies - Gus Imin (AMIN)," tutur Agus Mukhtar yang juga sebagai Ketua Umum Forum Guru Sertifikasi non-Inpassing (FGSNI) ini.

Mukhtar juga turut hadir dalam acara tersebut. Bahkan, dia sempat mendapatkan kesempatan berdiskusi dengan Anies ketika makan siang bersama.

"Kalau saya baru bertemu Pak Anies. Beliau ramah dan supel. Saya merasa disapa, masyarakat yang lain juga merasa disapa. Secara pribadi saya bertemu beliau 10 menit baik di Ponpes Somalangu dan saat ramah-tamah dan makan siang, satu meja dengan Pak Anies. Saya secara pribadi respek terhadap kepribadian beliau dan menerima saya untuk dialog tentang dunia pendidikan," tuturnya.

Dia menambahkan, selain ke Ponpes Al Kahfi Somalangu, Anies juga memenuhi undangan Ponpes Al Falah serta mengunjungi salah satu posko pemenangan Anies - Gus Imin di Gombong. "Mereka mengelu-elukan Pak Anies sebagai presiden 2024. Mereka juga berebut foto dan bersalaman dengan Pak Anies."

Menurutnya, warga Kebumen melihat bahwa Anies dapat mewakili aspirasi masyarakat dalam hal kebijakan-kebijakan ke depan baik di sektor pertanian untuk mengatasi persoalan mahalnya harga pupuk serta permasalahan tingginya biaya pendidikan dan persoalan kesejahteraan Guru madrasah swasta. 

Tidak hanya ke dua ponpes tersebut, Anies juga sempat ziarah ke makam KH Sonhaji dan melakukan beberapa kegiatan lainnya di Kebumen. KH Sonhaji yang akrab disapa Mbah Son atau Mbah Jimbun ini seorang ulama kharismatik.

Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, dengan luas wilayah 1.581 km2 dan jumlah penduduk 1.405.644 jiwa jiwa (2021). Kebumen berbatasan dengan Banjarnegara di bagian utara dan di sebelah timur berbatasan dengan Wonosobo dan Purworejo, di sebelah barat berbatasan dengan Cilacap dan Banyumas, sedangkan di bagian selatan adalah Samudra Hindia.(*)