Wujudkan Kampung Nelayan Maju, KKP Bersama Anggota DPR RI IR KRT Darori Wonodipuro Resmikan Kalaju di Desa Pasir


Anggota DPR RI KRT Darori Wonodipuro didampingi Caleg partai Gerindra DPRD Jateng Yarianto saat meresmikan Kampung Nelayan Maju (Kalaju) Maju Makmur Desa Pasir,Ayah.(ft SK/ist)
AYAH, (seputarkebumen.com)- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI bersama anggota Komisi IV DPR RI KRT Darori Wonodipuro meresmikan Kampung Nelayan Maju (Kalaju) Maju Makmur Desa Pasir, Kecamatan Ayah,Sabtu (30/9/2023).

Pada kesempatan tersebut, politisi Partai Gerindra asal Petanahan ini mengatakan pihaknya akan mendorong kebutuhan para nelayan Desa Pasir, menyusul potensi yang ada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pasir.

"Saya bersama KKP akan bantu dan dorong disini untuk jadi kampung nelayan maju, anggarannya Rp600 juta yang bersumber dari APBN," kata Darori usai potong pita, Sabtu (30/9/2023).

Dalam kunjungan kerjanya, anggota Komisi IV DPR RI ini memberikan sejumlah bantuan perlengkapan nelayan, 20 mesin kapal nelayan, 272 jaring ikan, 90 CoolBox/ Bok pendingin dan Chestfreezer.

Lebih lanjut Darori menyampaikan hal ini juga sebagai bentuk perhatian keseriusan terhadap peningkatan kesejahteraan nelayan dan pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Kebumen.

"Program Kampung Nelayan Maju akan menjadikan kampung nelayan di Desa Pasir, Kecamatan Ayah menjadi lebih tertata maju bersih sehat dan nyaman sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas usaha nelayan serta keluarganya," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pokmas Kalaju (Kampung Nelayan Maju) Maju Makmur Desa Pasir, Dul Jalal kepada wartawan mengatakan pelaksanaan program Kalaju ini adalah untuk mewujudkan lingkungan kampung nelayan yang bersih sehat dan nyaman serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Pasir yang sebagian besar adalah nelayan.

"Dengan Kalaju harapannya area TPI yang dulunya image kampung nelayan kumuh, dan kotor, dibikin agar lebih bersih tertata dan bisa menjadi lokasi wisata," ucapnya.

Dul Jalal menyebut, program Kalaju ini akan mengubah stigma masyarakat tentang kampung nelayan yang selama ini terkesan kumuh, miskin dan terbelakang.

Sehingga dengan demikian akan  menjadikan perekonomian masyarakat nelayan menjadi meningkat.

"Semoga Kalaju Kampung Nelayan Maju ini akan menambah semangatmasyarakat dan dapat menambah hasil tangkapan nelayan Desa Pasir juga" tandasnya.

Atas dasar itu, lanjut dia, ke depan Desa Pasir menjadi di Kampung Nelayan Maju yang bertujuan mewujudkan daerah nelayan yang tertata, maju, bersih, dan nyaman. (*)