Pemkab Kebumen Buka Pendaftaran 294 PPPK, untuk Guru dan Tenaga Teknis


Acara pembekalan dan orientasi terhadap 150 PPPK guru di hotel Candisari, Karanganyar.(ft SK/ist)
KARANGANYAR, (seputarkebumen.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan, pemerintah daerah tahun ini kembali membuka pendaftaran PPPK untuk 294 lowongan, terdiri dari 178 formasi untuk guru, dan 116 formasi untuk tenaga teknis di  Pemerintah Kabupaten Kebumen.

"Kemarin kita sudah mengusulkan ke pemerintah pusat untuk yang guru 178 disetujui semua. Untuk tenaga teknis 130, tapi yang disetujui 116 formasi," ujar Bupati usai memberikan pembekalan dan orientasi terhadap 150 PPPK guru di hotel Candisari, Karanganyar, Rabu 20 September 2023.

Hanya saja untuk formasi guru, sudah dialokasikan bagi mereka yang pada penerimaan PPPK tahun lalu sudah masuk passing grade. Setidaknya ada 175 guru yang sudah masuk passing grade dan selanjutnya akan diangkat PPPK.

"Jadi seleksinya tinggal tenaga teknis 116 formasi, ditambah sisa kuota guru tiga, yang nanti diambil dari yang sudah masuk Dapodik. Untuk guru yang kemarin sudah masuk passing grade hanya diminta melengkapi berkas," ucapnya.

Bupati berharap, penerimaan PPPK baik guru maupun tenaga teknis setiap tahunnya akan selalu ada. Mengingat banyaknya PNS yang pensiun. Setiap bulannya sekitar 50-60 PNS pensiun. 

"Seperti halnya tahun kemarin kita mengangkat 448, terus 1.905, sekarang 294. Insya Allah akan terus dibuka setiap tahunnya dengan mempertimbangkan keuangan daerah. Karena sebagai ASN, mereka harus digaji," ucapnya.

Pendaftaran PPPK dimulai pada Rabu 20 September 2023, bisa diakses melalui https://sscasn.bkn.go.id dan tidak ada pengiriman berkas fisik. Pelamar hanya dapat melamar pada satu jenis jabatan. Info lebih lanjut bisa membuka di https://kepegawaian.kebumenkab.go.id .(*)