Kebumen akan Mempunyai Gedung Layanan Haji dan Umrah Terpadu


Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Kepala Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Kebumen Sukarno.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyerahkan bantuan hibah berupa tanah seluas 400 meter persegi untuk pembangunan gedung layanan haji dan umrah terpadu di Islamic Center, Jalan Tentara Pelajar Kebumen.

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatangan berita acara kedua belah pihak, yakni Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mewakili Pemerintah Kabupaten, dengan Kepala Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Kebumen Sukarno di Pendopo Kabumian, Jumat (29/9).

Bupati mengatakan, dengan adanya hibah ini diharapkan layanan ibadah haji dan umrah di Kebumen semakin baik. Mengingat jamaah haji dan umrah di Kebumen dari tahun ke tahun terus meningkat. 

"Dengan pembangunan gedung itu harapannya, akses masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan layanan ibadah haji, areanya juga lebih luas, sehingga bisa memberikan rasa nyaman, mengingat calon jamaah haji kita itu termasuk paling banyak," ujar Bupati.

Menurutnya, memang dibutuhkan tempat yang representatif untuk bisa menampung para jamaah calon haji dan umrah. Karena itu dibuatkan tempat khusus untuk pelayanan ibadah haji secara terpadu. 

Sementara itu, Sukarno menyampaikan terima kasih atas komitmen dan dukungan pemerintah daerah dalam mengupayakan layanan haji yang semakin baik, khususnya dengan adanya bantuan hibah tanah yang cukup luas. 

"Di tanah itu akan kita bangun pusat layanan haji dan umrah terpadu. Jadi ketika masyarakat ke sana bisa langsung bawa persyaratan pendaftaran haji, dan bisa langsung bayar di bank di satu lokasi, pulang bisa membawa nomor kursi," ujarnya.

Dengan adanya gedung tersebut, layanan haji akan diarahkan di sana, termasuk manasik haji. Dia menargetkan pembangunan diusulkan sudah bisa dimulai tahun ini.(*)