Hadapi Tahun Politik, Peralatan Sat Samapta Diapelkan Kapolres Kebumen


Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin bersama PJU Polres saat mengecek senjata.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Siang ini seluruh kendaraan dinas maupun peralatan Sat Samapta diapelkan dan dilakukan pengecekan oleh Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin bersama PJU Polres. 

Diungkapkan Kapolres, apel pengecekan untuk mengetahui kondisi peralatan maupun kendaraan sehingga ke depan lebih siap saat akan digunakan, terlebih dalam waktu dekat akan menghadapi pengamanan tahun politik. 

"Apel sarana dan prasarana ini dalam rangka kesiapan pengaman Pemilu tahun 2024, demikian juga pada tahun 2025 akan dilaksanakan Pilkades serentak di wilayah Kebumen," jelas AKBP Burhanuddin, Kamis 21 September 2023.

Kendaraan yang dilakukan pengecekan mulai dari Armoured Water Canon (AWC), kendaraan patroli, kendaraan K9, sepeda motor patroli, hingga mobil penerangan, serta sepeda patroli.

Sedangkan untuk peralatan yang dilakukan pengecekan diantaranya, peralatan pengendalian massa, pelontar gas air mata, metal detector, rompi phh, road blocker, serta peralatan Samapta lainnya. 

"Pengecekan ini menjadi pedoman kita, jika ditemukan ada kekurangan ataupun kerusakan segera ditindaklajuti. Sehingga kita selalu siap dalam situasi apapun," pungkasnya. 

Kapolres juga berpesan agar peralatan dilakukan pengecekan mandiri oleh Sat Samapta ataupun personel yang ditugaskan dalam pemeliharaan. 

Hal ini juga berpengaruh terhadap kecepatan penanganan jika suatu waktu berhadapan dengan situasi yang memerlukan pengamanan ekstra dari Polres Kebumen. 

Dengan sarana yang ada ini, kita harus bisa merawat dan menggunakan sebaik mungkin. Karena kegiatan pengamanan Pemilu tahun 2024 yang akan kita laksanakan harus berjalan aman," pungkasnya. 

Pada momen Pemilu yang akan dilaksanakan waktu dekat, Kapolres juga mengimbau kepada seluruh personelnya untuk menjunjung tinggi netralitas. 

Personel Polres Kebumen harus profesional dalam mengamankan rangkaian Pemilu dari awal hingga selesai.(*)