Gandeng Ansor, Dor to Dor Samsat Kebumen Ingatkan Agar Tidak Lupa Bayar Pajak Kendaraan Bermotor


 Kepala Seksi (Kasi) Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Irawan saat ditemui di ruang kerjanya.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Unit Pengelola Pajak Daerah (UPPD) Samsat Kebumen menggandeng Ansor guna mengingatkan para wajib pajak agar tidak lupa membayar pajaknya. Kerjasama ini berdampak positif dengan meningkatnya pendapatan pajak setiap tahunnya. 

Kepala UPPD Samsat Kehumen Budi Prasetyo, SE melalui Kepala Unit Pengelola Pajak Daerah (UPPD) melalui Kepala Seksi (Kasi) Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Irawan saat ditemui Selasa, (26/09/23) menuturkan ada sekitar 25 petugas dari Ansor yang setiap hari bertugas mengingatkan para wajib pajak secara door to door. Kerjasama ini sudah berlangsung sekitar lima tahun. 

Para petugas yang berasal dari Ansor ini diberikan surat tugas resmi untuk melakukan penagihan ke wajib pajak. Namun, mereka tidak diperkenankan untuk memungut langsung dari wajib pajak, dan hanya memberikan surat dan mengedukasi wajib pajak agar segera membayar pajak kendaraannya. 

" Mereka sebenarnya tidak menagih,  karena dia tidak boleh memungut langsung  atau membawa STNK, kecuali wajib pajak titip ke petugasnya ya silahkan,  tapi itu diluar kita sebenernya, kalau terjadi hilang atau apa, menjadi tanggung jawab masing-masing," ucapnya. 

Terlebih saat ini, tunggakan pajak kendaraan di Kabupaten Kebumen mencapai Rp 51,7 milyar atau sejumlah 111 ribu kendaraan. Dengan tunggakan sebesar itu, UPPD Samsat Kebumen telah melakukan berbagai langkah, salah satunya bekerjasama dengan Ansor. 

Selain itu, ada layanan Samsat keliling dan pelayanan Samsat di Kecamatan Gombong dan Kecamatan Ayah. Begitu juga pelayanan Samsat Budiman yang bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)juga

" Tunggakan pajak kendaraan di Kebumen cukup besar, mencapai Rp 111 milyar, atau sekitar 51 ribu kendaraan yang menunggak pajak, sedangkan upaya yang sudah dilakukan adalah layanan door to door kerjasama dengan Ansor, titik layanan di Gombong dan Ayah, Samsat keliling dan ada juga Samsat Budiman," Jelasnya. 

Menurutnya, dengan adanya kerjasama dengan Ansor sangat membantu yang, dengan mereka melakukan penagihan secara door to door. Bahkan, kerjasama serupa juga dilakukan di Samsat lain, di luar Kabupaten Kebumen. 

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat, untuk taat membayar pajak. Apalagi, pajak merupakan modal besar dalam pembangunan suatu daerah. 

" Ya sangat terbantu dengan adanya kerjasama dengan  Ansor, apalagi petugas yang ada di Samsat Kebumen juga terbatas," pungkasnya.(*)