Meningkatkan Pendapatan dan Kapasitas SDM, Desa Bocor Gelar Botjor Local Fest 2023



Acara Botjor Local Festival 2023.(ft ist)
BULUSPESANTREN, (seputarkebumen.com)-Berbagai cara dilakukan untuk mengembangkan serta meningkatan hasil pendapatan asli desa untuk kesejahteraan warganya. Seperti yang dilakukan pemerintahan Desa Bocor, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. 

Berkolaborasi dengan Bumdes, karang taruna dan pengelola usaha Pasar Malam. Setelah melalui RKPDes atau Rencana Kerja Pemerintah Desa akhirnya tercipta sebuah konsep idealis yaitu Botjor Local Festival 2023. 

Adalah sebuah konsep yang diciptakan  untuk meningkatkan pendapatan dan juga peningkatan kapasitas SDM para pemuda desa. Terutama dalam hal pendapatan asli desa, yang awalnya hanya sebatas menjual tanah lelang khas desa. 

"Tujuannya jelas untuk mensejahterakan rakyat mas. Otomatis kita butuh daya dan upaya untuk menstimulus pendapatan kita caranya adalah kita kolaborasi dengan Bumdes, bekerjasama dengan pihak pasar malam dan karang taruna mencetuskan suatu gagasan untuk memajukan pendapatan asli desa dan terciptalah Konsep Botjor Local Fest 2023 ini," terang salah satu penyelenggara, Ade Kurniawan kepada wartawan, Sabtu (26/8/2023) malam. 

Lebih lanjut Ade menjelaskan, pengelolaan acara ini akan di branding seperti Event Organiser tapi tingkat desa. Jadi pihak pemdes dan pemuda sangat sangat berperan dalam meningkatkan potensi kelembagaan yang ada di desa untuk bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. 

"Harapannya, next event kita akan gelar lebih besar lagi dari Botjor Local Fest 2023 ini. Kita akan menciptakan nuansa yang berbeda dengan konsep-konsep yang biasa desa gelar seperti jalan sehat dan senam. Intinya bisa mengembangkan pontensi yang ada di desa, baik kesenian atau pun budaya," harapnya. 

Sementara itu, Deni Hari Purnomo Ketua UMKM Desa Bocor mengatakan sedikitnya ada 35 stand UMKM yang disediakan pihak panitia Botjor Local Fest 2023. 

Menurut Deni, kegiatan yang digelar pihak pemerintah desa ini sebagai wadah sektor informal atau yang lebih dikenal pedagang kaki lima untuk mencari nafkah. 


"Jadi konsep dari Botjor Local Festival ini adalah menghidupkan sektor UMKM mas baik pedagang maupun pengrajin yang belum punya sifat kewirausahaan," ucapnya. 

Event desa yang digelar selama tiga hari, mulai dari 27-29 Agustus 2023 ini juga diramaikan dengan Bazar UMKM, Hadroh Bolo Sewu Ustad Muna dari Pekalongan dan live musik dengan menampilkan rocker nyentrik dan juga Finalis Indonesia Idol asal Kebumen, Satria Pradana atau akrab disapa Prada. 

"Tak ketinggalan, juga besol akan ada penampilan kesenian dari adik-adik kita yang berasal dari beberapa sekolah yang ada di Desa Bocor. Mereka akan menghibur dengan menampilkan kreasi sekolah di bidang kesenian," pungkasnya.(*)