Anggota Polres Kebumen Bripda Rizal Irawan Kusuma Raih Medali Emas Cabor Judo di Porprov XVI Jateng


Bripda Rizal Irawan Kusuma.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Banyak yang belum mengetahui penyumbang medali emas dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Jawa Tengah 2023, cabang olahraga Judo, untuk Kabupaten Kebumen. 

Ternyata atlet yang turut mengharumkan nama Kebumen itu adalah seorang personel Polri, Bripda Rizal Irawan Kusuma, personel Sat Samapta Polres Kebumen. 

Pagi ini, Senin 28 Agustus 2023, secara khusus ia juga memperoleh reward dari Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin saat apel jam pimpinan di halaman Mapolres. 

Di hadapan para peserta apel yang terdiri dari pejabat utama Polres, Kapolsek jajaran, serta seluruh personel Polres Kebumen, Bripda Rizal menerima piagam  penghargaan yang bisa digunakan untuk menunjang karier ke depan.

"Telah kita saksikan semua, salah satu personel yang berprestasi. Yang bersangkutan juara 1 tingkat Provinsi. Penghargaan ini bisa menjadi bekal bagi yang bersangkutan, baik tingkat provinsi, ataupun di lingkungan Polri," jelas AKBP Burhanuddin. 

Lanjut Kapolres, penghargaan dalam institusi Polri merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi personel, karena sebuah prestasi yang berhasil diperoleh melalui kerja keras. 

Penghargaan juga termasuk dalam 13 aspek komponen penilaian kinerja personel Polri yang dikelolah oleh SDM Polri yang berbasis IT, sebagai syarat naik pangkat ataupun sekolah Perwira bagi yang masih Bintara.

"Ke depan, jika mau sekolah (sekolah inspektur polisi), piagam penghargaan bisa dilampirkan untuk kelengkapan administrasi. Jadi sangat berguna bagi karier personel," pungkasnya. 

Berprestasi dalam hal positif, menurut Kapolres harus selalu ditingkatkan. Sebagai anggota Polri, harus memiliki kebanggaan terhadap pekerjaan, serta menghindari segala pelanggaran.

Selanjutnya Bripda Rizal yang merupakan asli putra daerah Kebumen asal Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, saat dikonfirmasi mengatakan, ia sudah sejak lama menyukai olahraga Judo. Di tengah kesibukannya sebagai anggota Polri, Rizal pemuda 22 tahun itu selalu disempatkan untuk berlatih keras.

Latihan kerasnya pun berujung manis ketika ia berhasil memperoleh juara 1 dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Jawa Tengah 2023 cabang olahraga Judo kelas 81 Kg. Rizal anak bungsu pasangan Sidjo dan Supinah menjadi salah satu penyumbang medali emas untuk atlet pengiriman Kabupaten Kebumen.(*)