Manfaatkan Libur Sekolah, Anak-anak Jatiluhur Berlatih Karate


Anak-anak desa Jatiluhur Karanganyar memanfaatkan libur sekolah dg berlatih karate.(ft SK/ist)
KARANGANYAR, (seputarkebumen.com)- Mengisi liburan sekolah, tidak hanya dilakukan dengan berwisata ke berbagai tempat menarik. Namun, hari libur bisa dimanfaatkan juga untuk melatih fisik dan mental. 

Seperti yang dilakukan oleh para remaja dan anak anak Desa Jatiluhur yang memanfaatkan liburan mereka dengan berlatih bela diri Karate di Dojo 212 Kelurahan Jatiluhur. Mereka pun tampak antusias dalam berlatih, meski sedikit menguras fisik tapi anak anak dan remaja ini tetap semangat dalam berlatih (5/7). 

Latihan sendiri dimulai dengan berlari mengelilingi kelurahan secara bersama sama, yang kemudian dilanjutkan dengan latihan beragam gerakan bela diri Karate. Anak anak juga dilatih gerakan bela diri untuk melindungi diri dari berbagai macam ancaman kejahatan yang mungkin suatu saat bisa terjadi. 

Rifai salah seorang anak yang turut dalam latihan bela diri ini mengaku sangat senang mengikuti latihan Karate. Ia juga memilih untuk tidak liburan karena ingin lebih mendalami bela diri Karate, terlebih dalam waktu dekat akan ada pertandingan. 

Menurutnya, liburan menjadi lebih banyak waktu untuk  berlatih, sehingga ia dan teman teman lainnya tidak mempergunakan kesempatan tersebut agar lebih trampil ketika mempraktekkan jurus jurus bela diri. Terlebih, dengan berlatih bela diri ini, ia memjadi lebih percaya diri dan lebih sehat. 

"Saat libut justru semkin tambah waktu latihan karena ada berbagai ajang kejuaraan di gelar," ucapnya. 

Pelatih dan juga pemilik Dojo 212 Bandung Karate Club Ika Hardianti menuturkan anak anak dan remaja saat liburan ini hampir berlatih setiap hari. Mereka biasanya datang setiap jam 14.00 sore dan berlatih hingga pukul 16.00.

Selain sebagai pemantik kecintaan anak anak dan remaja untuk berolahraga, latihan ini juga untuk memperkuat ketahanan fisik. Apalagi, banyak saat ini digelar kejuaraan lokal hingga internasional. 

Sehingga, bukan hanya untuk latihan bela diri biasa, namun juga sebagai awal untuk ajang meraih prestasi. Ini yang kemudian membuat anak anak dan remaja Kelurahan Jatiluhur bersemangat dalam berlatih bela diri Karate. 

" Kalo hari hari biasa latihan, setiap hari Jum'at sore dan minggu, tapi ini karena libur banyak anak yang berlatih Karate, karena selain sebagai kegiatan olahraga, berlatih Karate juga untuk memperkuat ketahanan fisik serta untuk ajang meraih prestasi, karena banyak sekali kejuaraan yang digelar dari mulai intern, lokal hingga internasional," jelasnya. 

Harapannya dengan  berlatih bela diri ini anak anak dan remaja memiliki mental yang kuat dan semangat dalam bertanding. Selain itu, mereka juga diharapkan bisa menjadi atlit Karate yang bisa bertanding di kancah nasional dan internasional, yang tentunya akan membawa harum Kabupaten Kebumen.(*)