Innalillahi, Bertambah Satu, Tiga Jemaah Haji Kebumen Meninggal Dunia Di Arab Saudi


Kepala Kankemenag didampingi Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Suwaibatul Aslamiyah mendatangi rumah keluarga ahli waris.(ft SK/ist) 
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)–JemaahHaji Kabupaten Kebumen yang meninggal dunia di Arab Saudi bertambah satu orang. Amad Turmudi bin Amad Ngajeri, Jemaah Haji berumur 85 tahun asal desa Mulyosri Kecamatan Prembun yang tergabung dalam Kloter 29 SOC dikabarkan meninggal dunia setelah di rawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) An Nur. Meninggal akibat sakit perut (Melena e.c. Gastritis Erosif) yang dikeluhkannya pada Kamis (22/06/23) pukul 11.06 WAS.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Khaerudin Ketua Kloter 29 SOC, kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Sukarno melalui pesan singkat Whatshapp selang satu jam setelah yang bersangkutan dinyatakan meninggal oleh pihak RSAS An Nur. 

Usai menerima kabar tersebut, Kepala Kankemenag dengan didampingi Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Suwaibatul Aslamiyah langsung menghubungi dan mendatangi rumah keluarga atau ahli waris untuk menyampaikan informasi tersebut. Termasuk juga menyampaikan hak – hak yang bersangkutan atau ahli waris.

“Kedatangan kami bersama Kasi PHU adalah untuk menyampaikan bahwa Bapak Amad Turmudi bin Amad Ngajeri telah dinyatakan meninggal dunia di Arab Saudi pada Kamis (22/06/23) pukul 11.06 WAS. Kami mewakili Menteri Agama, Kakanwil Jateng dan seluruh petugas maupun Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji SOC Solo menyatak turut berduka cita yang sedalam – dalamnya. Mohon maaf Pak Menteri dan Pak Kakanwil tidak bisa sowan secara langsung, salam dari beliau” ucap H. Suakarno Jum’at (23/06/23) saat takziah di kediaman almarhum Amad Turmudi di desa Mulyosri Prembun.

“Mudah – mudahan almarhum diampuni segala dosanya dan ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi Allah S.W.T. Kami dan seluruh petugas telah berusaha melakukan yang terbaik, tetapi Allah yang menentukan,” ujarnya.

Sebelumnya, kepada Humas Kemenag H. Sukarno juga mengabarkan ada dua Jemaah Haji Kebumen yang juga dinyatakan meninggal di Arab Saudi. Keduanya yaitu Munawar Atmareja Dipamamad asal desa Seliling Kecamatan Alian (86 th) Kloter 30 SOC dan Sawiyem Sumarto Wangsareja asal desa Plumbon  Kecamatan Karangsambung (77 th) Kloter 28 SOC. Hingga berita ini diturunkan, berarti sudah ada 3 Jemaah Haji asal Kabupaten Kebumen yang meninggal di Arab Saudi.

Sementara itu, Sugeng Baruno cucu almarhum Amad Turmudi yang mewakili keluarga menagatakan sangat berterimakasih kepada seluruh petugas dan Pak Menteri Agama atas semua pelayanan yang telah diberikan kepada mbahnya. Ia mengaku sudah ikhlas dan sangat terharu atas kedatangan Kepala Kankemenag dan Kasi PHU yang telah berkunjung ke kediamannya.

“Terimakasih atas pelayanan yang telah diberikan kepada mbah saya, mudah – mudahan Allah membalasnya dengan yang lebih baik,” ucap Sugeng Baruno.

Ia juga mengaku marem dan sangat  berterimakasih karena rutin mendapatkan update informasi kondisi kesehatan mbahnya selama menjalankan ibadah haji. Menurut pengakuannya, informasi tersebut didapatkan melalui Whatsapp dari ketua regu (Pak Sutijo) yang juga tetangganya.

Untuk diketahui bahwa dalam memberikan informasi kepada pihak keluarga, baik ketua regu maupun ketua rombongan selalu berkoordinasi dengan ketua kloter.(*)