Cara Sukses Memulai Bisnis dari dari Nol Ala Owner Muncul Group, Catat ! Tidak Ada yang Instan

 

Kebumen creative talk menghadirkan owner Muncul Group di event KIE 2023.(ft SK/ist)
KEBUMEN (seputarkebumen.com)- Pengusaha sukses asal Kebumen pemilik Muncul Group Sugeng Budiawan menjadi narasumber dalam Kebumen Creative Talk yang digelar oleh Komite Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kebumen, Minggu 18/06/2023 di stand Hotel Grand Kolopaking Kebumen International Expo (KIE) 2023.

Sugeng Budiawan berbagi pengalaman dalam membangun bisnis mulai dari nol hingga berkembang saat ini. Dengan bahasa yang sederhana pengusaha asal Kecamatan Karanganyar Kebumen tersebut memberikan tips kepada mereka yang ingin terjun di dunia bisnis. Menurut pengusaha yang sukses berbisnis otomotif dan  perhotelan itu, mereka yang ingin memulai bisnis agar tidak terlalu panjang berpikir. Sebab jika terlalu panjang memikirkan tentang banyak hal, ujung-ujungnya tidak memulainya.

"Jika terlalu banyak pertimbangan pada akhirnya tidak jadi melangkah memulai bisnis,” ujar Sugeng Budiawan yang didampingi sang putra Santoso Budiawan.

Hanya saja, Sugeng mengingatkan bahwa tidak ada yang instan untuk meraih kesuksesan termasuk dalam menjalankan usaha. Ada proses yang panjang  untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan. Ada kemauan yang besar, kerja keras, jujur, disiplin agar pelaku usaha mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

"Saat ini jika ada yang menawar sukses dengan cara cepat, memberikan keuntungan besar dengan singkat itu justru harus diwaspadai,” imbuh pengusaha yang giat dalam kegiatan sosial tersebut.

Sementara itu, Santoso Budiawan yang juga hadir mengakui bahwa dirinya memiliki privilege menjadi anak seorang pengusaha. Namun dia lebih melihat hak istimewa itu karena sejak kecil dia selalu diajak oleh orang tuanya saat bertemu dan mengenalkan dengan tokoh-tokoh di berbagai kalangan.

“Sehingga sejak kecil saya sudah terbiasa menjalin komunikasi dengan orang-orang besar. Tidak semua anak-anak seumuran saya saat itu memiliki kesempatan serupa,” ujar Santoso Budiawan.(*)