POPDA Tingkat Kabupaten Kebumen 2023 Resmi Digelar



Ratusan siswa siswi saat mengikuti pembukaan POPDA tingkat Kabupaten Kebumen di halaman pendopo Kabumian.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Ratusan siswa-siswi SD-SMP sampai SMA mengikuti upacara Pembukaan Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Kab Kebumen Tahun 2023 yang berlangsung di Halaman Pendopo Kabumian, Kamis 2 Februari 2023. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Acara tersebut juga turut dihadiri seluruh jajaran pimpinan OPD, dan Forkompimda. 

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan, selamat kepada siswa siswi yang terpilih mewakili sekolahannya masing-masing untuk mengikuti POPDA tingkat Kabupaten. 

"Saya percaya seluruh kontingen telah mempersiapkan atlet pelajarnya dengan maksimal sehingga akan terbina bibit atlet terbaik yang akan membawa harum nama sekolahnya masing-masing maupun Kabupaten Kebumen," ujar Bupati.

Bupati menuturkan, POPDA merupakan ajang untuk mengukur kemampuan dan mengukir prestasi. Dengan begitu, diharapkan dapat menambah semangat para atlet pelajar untuk menunjukkan bakat dan minat di bidang olahraga, serta dapat memfasilitasi para atlet pelajar untuk menyalurkan potensinya.

"Oleh sebab itu, POPDA diselenggarakan sebagai tindak lanjut pembinaan dan pelatihan olahraga bagi para pelajar di tingkat kabupaten, serta merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk memajukan kemajuan olahraga daerah," terang Bupati.

Bupati pun berpesan kepada seluruh wasit, juri, oficial, atlet, dan kontingen peserta POPDA untuk menjunjung tinggi sportivitas dan berkompetisi secara jujur, serta berikan permainan terbaik untuk bisa meraih prestasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan Dan Olahraga Yanie Giat Setyawan menambahkan, POPDA diikuti oleh peserta dari semua sekolah di Kebumen. Mereka yang lolos di tingkat kecamatan selanjutnya akan mengikuti jenjang di tingkat kabupaten.

POPDA yang berlangsung pada 2-11 Februari 2023 ini dilaksanakan di Alun-alun Kebumen dan tempat yang sudah ditentukan. Untuk kelas SD/MI ada 20 cabang olahraga yang dipertandingkan, SMP/MTs 21 Cabor, dan SMA/SMK 21 Cabor.

Beberapa cabor yang dipertandingkan antara lain, futsal, bulutangkis, renang, voli, lari, karate, silat, basket, senam, tenis meja, sepak bola, sepak takraw, panahan, judo, lompat jauh, dan lain sebagainya. "Bagi Atlet yang menjadi juara peringkat 1,2, 3 berhak mendapatkan Piagam Penghargaan dan Reward lainnya," ujar Yanie.(*)