KPU Kebumen adakan Coklit, Bupati Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilu


Petugas KPU saat mendatangi rumah dinas Bupati Kebumen.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menjalani proses tahapan pemilihan umum dari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen berupa pencocokan dan penelitian (Coklit) di Rumah Dinas, Pendopo Kabumian, Senin (13/2).

Kegiatan Coklit dalam Pemilu adalah dengan cara mendatangi Pemilih secara langsung dan menindaklanjuti usulan RT atau RW. Hal ini diatur berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2017.

"Coklit ini untuk perbaikan daftar pemilih, dan alhamdulillah kami sekeluarga sudah terdaftar, tadi sudah ada petugas Pantarlih yang melakukan pencocokan dan penelitian," ujar Bupati.

Bupati pun mengajak kepada masyarakat Kebumen untuk turut serta mensukseskan semua tahapaan penyelengaraan Pemilu 2024, sehingga pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan lancar, damai, aman dan tidak terjadi perpecahan.

"Saya imbau masyarakat untuk ikut serta mensukseskan pemilu dengan mengikuti rangkaian tahapan yang sudah disiapkan KPU, dan pada akhirnya bisa ikut meramaikan pesta demokrasi dengan riang gembira," tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kebumen Yulianto menyatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan Coklit kepada para tokoh di Kebumen, termasuk Bupati. Proses Coklit sudah dilaksanakan sejak 12 Februari sampai 14 Maret 2023, serentak di 460 desa dan kelurahan.

"Kami telah menerjunkan petugas Pantarlih sebanyak 4830 orang, diharapkan Coklit ini bisa rampung sesuai target, yakni sampai 14 Maret mendatang," ucapnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk menerima petugas Pantarlih yang sudah dibekali identitas atau atribut resmi berupa seragam, topi dan tanda pengenal.(*)