Berkat Program JKN Biaya Opname di Rumah Sakit Semua Gratis


Anggota JKN saat melakukan pembuatan kartu dan urusan administrasi di kantor BPJS Kesehatan.(ft SK/ist)

KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memiliki arti penting bagi masyarakat Indonesia. Dengan terdaftar sebagai peserta program ini, masyarakat bisa mendapatkan layanan fasilitas kesehatan yang memadai baik di tingkat pertama maupun di tingkat lanjutan sesuai dengan kebutuhan indikasi medis masing-masing. 

Melisa (39), warga Kutowinangun Kebumen, menjadi salah satu dari sekian banyak peserta JKN yang mengaku telah merasakan manfaatnya. Ia menggunakan program ini untuk diri dan keluarganya, tidak hanya satu dua kali bahkan hingga berulang kali.  

Ia pun lanjut membagikan satu dari kisahnya dalam mengakses layanan kesehatan menggunakan program JKN. Waktu itu, malam hari Melisa merasa kesakitan, badannya sangat panas. Kemudian oleh keluarganya ia dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) rumah sakit terdekat. Sesampainya disana ia langsung ditangani oleh tim medis.

“Waktu itu badan saya sangat panas, rasanya mual-mual. Saya lemas tak berdaya. Tanpa pikir panjang saat itu juga saya langsung dibawa keluarga untuk periksa di rumah sakit dan langsung ditangani di UGD. Saat itu dokter menyarankan untuk rawat inap," kata Melisa.

Di rumah sakit, ibu tiga anak ini diperiksa oleh dokter lalu diambil sample darahnya untuk diperiksa lebih lanjut agar diketahui penyakitnya. Selang beberapa jam hasil dari uji laboratorium keluar, ia didiagnosis terkena typus dan harus dirawat selama beberapa hari. 

“Alhamdulillah saya mendapat penanganan yang bagus dari dokter maupun perawat. Dari awal masuk sampai pulang saya tidak menemui hambatan. Pemeriksaan dan perawatan saya dapatkan dengan memadai. Tidak ada perbedaan perlakuan dengan pasien umum. Bahkan administrasinya pun cukup mudah,” ujar Melisa. 

Melisa mengaku sangat puas dan tidak memiliki keluhan yang berarti. Menurutnya, layanan di rumah sakit sudah baik kepada pasien Program JKN. Apalagi saat ini informasi terkait Program JKN sudah bisa diakses lewat media mana saja sehingga ia tidak kebingungan mengikuti prosedur layanannya.

Ia berharap ke depannya pemerintah dapat mempertahankan keberlangsungan program ini, karena keberadaan program ini merupakan bukti nyata pemerintah peduli dengan kesejahteraan masyarakat dalam hal kesehatan. Menurutnya Program jaminan kesehatan sangat dibutuhkan seluruh lapisan masyarakat terlebih bagi menengah kebawah dan pastinya akan sangat membantu di tengah keadaan darurat.

“Saya sangat bersyukur untuk yang kesekian kalinya telah dibantu oleh Program JKN dalam menanggung biaya pengobatan dan perawatan kami sekeluarga. Tidak terbayangkan jika setiap berobat harus mengeluarkan biaya pribadi. Harapan saya, kedepannya meskipun sudah memiliki Kartu JKN semoga kami sekeluarga diberikan kesehatan. Kartu JKN cukup disimpan untuk berjaga-jaga dan membantu peserta lainnya yang membutuhkan layanan kesehatan," pungkasnya.(*)