Semangat Awal Tahun, Komunitas Sedulur Kebumen Bedah Rumah Milik Lansia Warga Adimulyo


Komunitas Sedulur Kebumen bersama tim PLN Gombong saat memberikan bantuan dana, material dan pemasangan listrik kepada Mbah Suwuh.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Di awal tahun 2023, Komunitas sosial sedulur Kebumen kembali menggelar aksi Bedah rumah bagi masyarakat miskin. Rumah yang dibedah kali ini, adalah rumah milik Mbah Suwuh warga desa Bonjok kecamatan Adimulyo, seorang lansia yang tinggal sendiri dan tidak memiliki sanak saudara. 

Hadir dalam kegiatan Sesepuh komunitas Sedulur Kebumen Sugeng Budiawan didampingi Santoso Budiawan serta para anggota komunitas,Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih SST MM dan Forkompincam Adimulyo.

Rumah nenek Suwuh ini, sebenarnya sudah diperbaiki sekitar 80 persen melalui dana desa, namun karena keterbatasan anggaran, rumah tersebut masih minim fasilitas. Untuk itu, Sedulur Kebumen memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 5 juta, dan juga bantuan Keramik dari PT Arwana , serta pemasangan listrik gratis dari PLN. 

Mbah Suwuh ini tidak memiliki sanak saudara dan belum bersuami. Sebelumnya, ia tinggal sendiri dirumahnya dengan kondisi yang cukup memprihatinkan, dengan fasilitas rumah seadanya. 

Kondisi rumah Mbah Suwuh yang ambruk rata dengan tengah.(ft SK/ist)
Di tahun 2022 kemarin, Sedulur Kebumen telah berhasil melakukan Bedah rumah sebanyak 41 unit di beberapa wilayah di Kabupaten Kebumen. Sedangkan di tahun 2023 ini, sedulur Kebumen kembali melakukan Bedah rumah yang ke 42, dimana ditargetkan oleh sedulur Kebumen, tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni di Kabupaten Kebumen.

Wakil Bupati Ristawati purwaningsih yang hadir mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan komunitas Sedulur kebumen selama ini,oleh karena itu pihaknya pun sebisa mungkin akan ikut datang mensurvai dan men support apa yang dilakukan komunitas Sedulur Kebumen.

" Ini adalah awal tahun 2023, semangat baru untuk sedulur Kebumen, untuk kembali membantu saudara saudara kita yang memang membutuhkan bantuan,  hari ini yang ke 42 kita memberikan bantuan untuk rumah ibu suwun di Desa Bonjok kecamatan Adimulyo, dengan menggunakan dana desa meraka sudah seperti ini, dan kita membantu pasang listrik dan membantu keramik sedangkan biaya pemasangan nanti saya dan pak Sugeng akan juga membantu, artinya semangat kembali untuk bergotong royong membantu masyarakat Kebumen"Ungkap Wabup yang sekaligus pemilik RS Purwogondo

" Ini nanti kemarin sudah dibantu keramik sama listrik oleh PLN Gombong pak jati ya, terus ini nanti kramiknya dari Arwana,  nah ini dapur itu masih kurang, tadi kita lihat dapur  itu masih kurang kira kira Rp 5 juta nah kita mambantu Rp 3 juta saya pribadi, bu Wakil pribadi Rp 2 juta, untuk fasilitas sudah ada listrik sudah ada pompa air dapur sudah ada, cuma dapur kurangnya gitu aja nanti cuma di cat sama dilepa, yang tahun lalu 41 unit dan ini yang ke 42" Ungkap Sugeng.

Kades desa Bonjok Budiono mengatakan pihaknya sudah berusaha maksimal membantu Mbah Suwuh untuk tinggal ditempat yang layak tapi karena anggaran terbatas jadi belum sempurna.

" Ini rumah atas nama bu Suwuh RT 03 RW 01, sekitar 80 persen dari dana desa, dan kedepannya dibantu oleh sedulur Kebumen dan kami mengucapkan terima kasih dari bantuannya sedulur Kebumen dan bu Wakil Bupati Kebumen, fasilitas yang kurang ya antara tembok,  cat, terus sanyo terus kamar mandi WC,  sebelumnya tinggal sendiri keluarga tidak ada, tidak punya keturunan dan masih perawan,  statusnya masih belum menikah, beliau asli orang sini, tanah yang ditempati tanahnya ibu Suwuh."Ungap Kades Budiono.

Bidan desa setempat Retno Fitriani pihaknya juga selalu memantau kesehatan Mbah Suwuh dengan mengecek tensi gula darah dll untuk memastikan kondisi Mbah Suwuh dalam keadaan sehat.

" kebetulan ibu Suwuh punya riwayat hipertensi tapi alhamdulillah dia selalu kontrol rutin di setiap kegiatan posyandu selalu aktif terutama di kegiatan posyandu lansia, jadi untuk gula darah sekarang dari pemerintah sudah ada pemberian stik gula dan selalu dikontrol setiap bulannya alhamdulilah stabil untuk hipertensinya alhamdulillah teratasi, karena setiap kegiatan posyandu selalu aktif, kondisinya sudah bagus sudah sehat"Pungkasnya.(*)