Harlah ke 37 Pagar Nusa, Gus Harry : Jadilah Pendekar yang Tawadhu dan Andap Ashor


Tasyakuran Harlah ke 37 dan Pagar Nusa Bersholawat di Halaman Pondok Pesantren Alhasani Desa Jatimulyo Kecamatan Alian.(ft SK/ist)
ALIAN, (seputarkebumen.com)- Sebanyak 120 siswa Pencak Silat Pagar Nusa Cabang Kebumen resmi disahkan menjadi Anggota Tetap. Pengesahan dilakukan bertepatan dengan acara Tasyakuran Harlah ke 37 dan Pagar Nusa Bersholawat di Halaman Pondok Pesantren Alhasani Desa Jatimulyo Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen, Sabtu 28 Januari 2023.

Tasyakuran ditandai dengan Pemotngan Tumpeng Oleh Ketua Pagar Nusa Cabang Kebumen Gus Asyhary Muhammad Alhasani. Hadir Ketua RMI NU Kebumen Gus Fachrudin Achmad Nawawi, Pengasuh Ponpes Alhasani Gus Lukman, Pengurus PCNU kebumen Kyai Nur Taufiq serta ratusan para santri.

Gus Asyhary Muhammad Alhasani menyampaikan selamat kepada para Anggota tetap yang baru disahkan. Ia berpesan agar mereka bisa menjadi pendekar pagar nusa yang selalu Tawadhu', Andap ashor, dan selalu berbakti kepada orang tua dan guru.

"Jadilah pendekar pagar nusa yang selalu Tawadhu', Andap ashor, dan amalkan ilmu kalian untuk hal kebaikan. Jangan sampai terlibat kekerasan atau tawuran, berbaktilah kepada orang tua dan Guru.’’pesan Gus Hary.

Lebih lanjut Gus Hary menyatakan bahwa Pencak Silat Pagar merupakan Nusa warisan budaya leluhur yang harus terus dilestarikan. Utamanya di Pesantren pesantren NU untuk mencetak generasi bangsa yang militan berakhlaqul karimah, serta mencegah aliran radikalisme khususnya di kalangan anak muda.

"Pagar Nusa adalah badan otonom NU yang tugasnya mengawal "Nderek" para ulama NU, harapan saya mari setiap pesantren pesantren NU harus ada Pagar Nusanya.’’pungkasnya.(*)