Terobosan Lurah Kebumen Ciptakan Layanan Fitur Mandiri,Warga akan Lebih Mudah Mengurus Layanan Administrasi


Lurah Kebumen Juniadi Presetyo SE.(ft SK/ist)


KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat Lurah Kebumen Juniadi Prasetyo SE, mempunyai trobosan baru. Pihaknya melakukan inovasi dengan memberikan Fitur Layanan Mandiri pada Website Kelurahan Kebumen.

Dengan adanya fitur tersebut, masyarakat menjadi lebih mudah saat membutuhkan layanan administrasi surat menyurat. Mereka bisa mengakses layanan tersebut dari rumah.  Layanan ini telah beroperasi selama satu pekan. 

Lurah Kebumen Juniadi Prasetyo SE menyampaikan layanan inovasi dilakukan semata-mata untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat. Dengan adanya fitur tersebut layanan dapat diberikan secara mudah dan cepat.  

“Pada website  Kelurahan kita tambahkan menu Layanan Mandiri. Setelah dibuka menggunakan NIK dan Password, terdapat beberapa menu,” tuturnya, Selasa (22/11).

Dijelaskannya, setelah masuk fitur tersebut, terdapat beberapa menu. Ini seperti Kartu Keluarga dan Cetak Biodata.  Selain itu pada menu juga disediakan layanan Buat Surat. “Masyarakat dapat meminta layanan yang dibutuhkan,” katanya.

Dalam Layanan Buat Surat terdapat beberapa jenis surat yang dibutuhkan. Ini seperti Surat Keterangan Pengantar, Keterangan Usaha, Keterangan Domisili,  Keterangan Tidak Mampu, Keterangan Penghasilan. 

Selain itu terdapat pula Formulir Kelahiran, Formulir Pendaftaran Peristiwa Kependudukan, Pernyataan Perubahan Elemen Data Kepandudukan, Formulir Kematian dan Permohonan Surat Pendaftaran Perpindahan Penduduk.

Dari layanan tersebut, lanjutnya, akan langsung diterima oleh admin. Dari Admin akan disampaikan kepada Lurah dalam bentuk Surat Elektronik (e-Letter).  Setelah di Acc dan ditanda tangani elektronik, kemudian dicetak. Masyarakat datang ke Kantor Kelurahan untuk mengambil surat yang dimaksud dan membawa persyaratan pendukungnya.

“Sehingga tidak antri. Layanan ini praktis dan mempermudah,” ucapnya. (*)