Kuliah Kerja Nyata, Mahasiswa UNS Gugah Literasi, Kreativitas dan Kebiasaan Hidup Sehat pada Anak-Anak di Desa Kebulusan


 PEJAGOAN, (seputarkebumen.com) - Mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret (UNS) kelompok 311 menyelenggarakan sejumlah program bidang pendidikan di Desa Kebulusan Kecamatan Pejagoan. Program yang dilaksanakan yaitu Peningkatan minat baca melalui cerita dongeng, Kreativitas Seni Melipat Origami (KREASI) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan cuci tangan dan sikat gigi bersama.

Disampaikan perwakilan mahasiswa Shinta Meliana, Kedua program kerja tersebut dilaksanakan di dua SD yang ada di desa kebulusan yaitu ada SD N 2 Kebulusan dan SD N 3 Kebulusan. Kegiatan sendiri berlangsung sejak tanggal 20 hingga 29 Juli.

“Dilaksanakannya program kerja ini berdasarkan hasil diskusi kelompok, Dosen Pembimbing Lapangan, Kepala Sekolah SDN 2 Kebulusan dan Kepala sekolah SD N 3 Kebulusan,” terang perwakilan mahasiswa Shinta Meliana, Jumat (29/7/2022).

 Program kerja Peningkatan Minat Baca Melalui Cerita Dongeng dilaksanakan untuk siswa SD kelas 4, 5, dan 6. Sedangkan program kerja KREASI dilaksanakan untuk SD kelas 1, 2, dan 3. Adapun untuk alat dan bahan yang dibutuhkan untuk praktek disediakan swadaya dari pihak mahasiswa. 


Program ini juga sangat didukung oleh pihak sekolah. Kepala Sekolah SD N 3 Kebulusan Winarsih SPd, kepada Seputar Kebumen menyatakan kedua program kerja tersebut dapat membantu anak-anak di sekolah yang ia pimpin dalam peningkatan minat baca dan kreativitasnya. 

“Adik-adik Mahasiswa KKN dalam melaksanakan kedua program tersebut juga diselingi beberapa aktivitas seperti menyanyi, menari. Anak-anak jadi asyik mengikuti kegiatan,” senang Kepala Sekolah.

Program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dengan Cuci Tangan dan Sikat Gigi dilaksanakan di 2 TK Desa Kebulusan, yaitu TK Mekarsari dan TK Baitul Mukhlasin. Kegiatan ini dilaksanakan pada pagi hari dengan waktu 120 Menit. 

Dalam pelaksanaanya mahasiswa menjelaskan terlebih dahulu pentingnya cuci tangan dan sikat gigi, kemudian dilanjut dengan mahasiswa mempraktikkan cara mencuci tangan dan gosok gigi yang benar. 

Setelah itu anak-anak mempraktikkan cuci tangan dan gosok gigi secara mandiri. Anak-anak terlihat antusias dan senang selama kegiatan berlangsung.

“Untuk Program KREASI Peningkatan minat baca melalui cerita dongeng pelaksanaanya sekitar 90 menit. Tingginya antusias siswa SD dalam mengikuti pembelajaran menjadikan program kerja dari mahasiswa dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan,” lanjut Shinta Meliana.

Di akhir acara, mahasiswa minta para siswa menuliskan perasaaan ketika mengikuti pembelajaran bersama mahasiswa KKN. Sesi ini pun menjadi momen keakraban antara para siswa dengan mahasiswa KKN UNS kelompok 311. (*)