PSHT Kebumen Gelar Silaturahmi dan Bantu Pembangunan Gedung TPQ

PSHT Kebumen gelar silaturahmi.(ft sk/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Dalam rangka memperingati hari raya idul fitri 1443 H. Organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kebumen Pusat Madiun menggelar halal bihalal. Kegiatan mengambil tema ‘’Mewujudkan Organisasi Yang Bermartabat, Dengan Menjadi Sebaik Baiknya Insan Yang Bermanfaat Bagi Insan Lainnya’’

Acara juga diisi dengan aksi donor darah dan galang dana untuk Pembangunan gedung baru TPQ Nurrohman Dukuh Kebaturan Desa Karangkembang Alian. Kegiatan berlangsung di Halaman Aula TPQ Desa setempat, Kamis 5 Mei 2022.

Hadir Kepala desa Karangkembang Poniran, S.Pd, Ketua PSHT Kebumen Agus Eko Purwono, S.Pd, Ketua Dewan PSHT Cabang Kebumen KH Buntas Sururudin dan ratusan anggota PSHT dari 15 ranting di Kebumen. 

Ketua PSHT Cabang Kebumen Pusat Madiun Agus Eko Purwono menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan jalinan talisilaturahmi dan sekaligus memperkuat hubungan persaudaraan sesama warga PSHT. Terlebih sejak merabaknya pandemi covid, halal bihalal di tiadakan.



"Kegiatan hari ini yaitu silaturahmi dan halal bi halal, atas nama pribadi atau pengurus cabang mengucapkan selamat hari raya idul fitri Mohon maaf lahir batin. Semoga momentum ini dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan silaturahmi,"Sambutnya.

Agus menegaskan pokok ajaran utama PSHT adalah persaudaraan, yang dilandasi oleh keikhlasan yang tulus tanpa membedakan pangkat, ras dan golongan. Untuk itu persatuan dan kesatuan sangat dijunjung tinggi oleh semua anggota PSHT. 

Pihaknya juga berpesan kepada para calon warga PSHT untuk lebih giat berlatih, demi menorehkan prestasi dan mempertahankan pencak silat sebagai kebudayaan asli Indonesia. Apalagi selama ini, PSHT juga telah mencetak atlit atlit berprestasi di kancah nasional maupun internasional. 

"Semangat latihan kalian harus ditingkatkan kembali. Prestasi SH Cabang Kebumen akan semakin meningkat. Dan akan muncul atlet atlet nasional maupun internasional itu akan dapat terwujud asalkan kita berani," Tuturnya. 

Sementara itu kepala Desa Karangkembang Poniran memgambut baik adanya silaturahmi Perguruan pencak silat terbesar se Indonesia ini. Ia berharap silaturahmi ini akan membawa kemaslahatan bagi warga masyarakat desa setempat. 

Selain itu, ia juga mengapresiasi atas kegiatan galang dana yang dilakukan untuk membantu pembangunan gedung TPQ Nurrohman. Menurutnya bantuan ini tentu sangat bermanfaat bagi kelancaran pembangunan gedung TPQ tersebut.

"Mewakili dari TPQ Nururohman kami menghaturkan Terima kasih. TPQ InsyaAllah akan membangun gedung berlantai 2. Kemarin Bulan sebelum puasa ada wakaf tanah, dan disambut baik oleh warga," Ucapnya. 

Ketua panitia Indrianto menambahkan bahwa halal bihalal merupakan agenda rutin tahunan PSHT Kebumen yang digelar pada hari ke 4 idul fitri. Namun, sejak merebaknya pandemi, kegiatan ini ditidakan dan baru kali ini kembali digelar.

Adapun bakti sosial donor darah dan penggalangan dana untuk TPQ Nurrohman, sebagai bentuk sumbangsih warga PSHT Kebumen kepada masyarakat. 

‘’ Alhamdulilah tahun ini bisa kembali kita gelar, semoga dengan silaturahmi ini, semakin terjalin rasa Persaudaraan baik secara individu maupun bermasyarakat.’’ujarnya.(*)