Aksi Lurah Kebumen Jemput Bola Tarik PBB di Pasar Tumenggungan

Lurah Kebumen Juniadi Prasetyo SE dan staf saat melakukan penarikan PBB dipasar Tumenggungan.(ft sk/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Hal unik dilakukan Lurah Kebumen beserta stafnya Rabu (25/05/2022) dengan mengunakan pengeras suara keliling pasar Tumenggungan untuk sosialisasi pembayaran PBB, ini dilakukan untuk mengejar target Pajak Bumi dan Bangunan tahun  2022.

Tim Kelurahan Kebumen yang diketuai Lurah Kebumen Juniadi Prasetyo SE juga Tim Bank Samiun door to door ke kios pasar Tumenggungan Kebumen untuk menarik pajak PBB.




Saat ditemui di Pasar Tumenggungan Lurah Kebumen Juniadi Prasetyo mengatakan dengan inovasi jemput Bola yang dilakukan di pasar, diharapkan target pajak Kelurahan Kebumen bisa segera tercapai. Terlebih, para pedagang yang ada di pasar ini, kebanyakan juga bukan penduduk asli Kebumen, dimana Pagu PBB 2022 Kelurahan Kebumen adalah 1.733.040.780 rupiah,terbagi tanah darat dan tanah sawah di tambah 2 Pasar di kelurahan Kebumen.


"Harapannya dengan jemput bola ke kios-kios Pasar Tumenggungan, memudahkan warga membayar PBB nya tanpa harus datang ke kelurahan, kata Juniadi Prasetyo SE Lurah Kebumen. 

"Apalagi pemilik Kios sebagian bukan penduduk Kelurahan Kebumen. Penarikan ini tidak cukup kalau hanya sehari,"lanjut Juniadi.

Dengan Pagu yang besar yaitu 1.733.040.780 rupiah. Menjadi Pagu terbesar sekelas Kelurahan dan Desa di kabupaten Kebumen.

Adanya program ini pedagang lebih dimudahkan dengan tidak perlu lagi datang ke Kantor Kelurahan maupun ke Bank untuk pembayaran PBB. Dimana target PBB di Pasar Tumenggungan ini sekitar Rp 12 juta. 

Dani (26 tahun) salah satu pedagang aneka bumbu dapur mengatakan,pihaknya sangat senang dan terbantu dengan adanya penarikan PBB seperti ini,karena dengan model pembayaran seperti ini para pedagang tidak perlu repot-repot datang ke kelurahan dan tetap bisa menjalankan aktifitas dagang dipasar.


"Sangat bagus mas, petugas penarik PBB datang ke pasar ini sangat membantu kami untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan tidak harus ke Bank atau ke kantor Kelurahan. Karena kadang kami tidak sempat apalagi rumah sata jauh, "Ungka Dani.

Upaya pemerintah kelurahan Kebumen memudahkan warga membayar Pajak Bumi dan Bangunan dengan jemput bola,juga mengadakan pembayaran bersama di setiap RW 01sampai RW 07, yang di laksanakan pada awal bulan Mei 2022.(*)