Tumbuhkan Semangat Cinta Islam, Pemkab Kebumen Gelar Lomba MTQ

Bupati Kebumen didampingi forkompinda menyerahkan piagam kepada peserta.(ft sk/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Pemkab Kebumen menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten yang berlangsung di Pendopo Kabumian, Sabtu (23/4/2022). Acara tersebut dibuka dan ditutup langsung Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan dihadiri Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan Forkompimda.

Bupati menyampaikan acara ini diadakan untuk menumbuhkan rasa semangat dan cinta terhadap Islam dan kitabnya Al-Quran dengan mengasah kemampuan mereka dalam membaca secara tartil dengan menggunakan Qira'at. Sekaligus untuk memperingati Nuzulul Qur’an. 


"Kesemarakan syiar MTQ ini says harap bisa meningkatkan kecintaan, pendalaman dan pengamalan Al-Qur’an. Sehingga setiap orang akan menjadi pribadi yang Qur’ani. Dan pada muaranya, akan tercipta masyarakat yang Qur’ani," ujar Bupati.


Bupati mengatakan, MTQ  ini boleh saja berakhir. Namun semangat dan kecintaan kita untuk  mencintai dan mempelajari Al Qur’an tidak boleh mengenal kata akhir. Begitu juga persahabatan dan persaudaraan satu dengan yang lain. 


"Kemudian untuk  para pemenang, saya menyampaikan selamat. Prestasi ini harus jadi motivasi untuk meningkatkan kapasitas diri dalam bidangnya, serta semangat untuk lebih menghidupkan dan mengamalkan ajaran Islam," tutur Bupati.




Sedangkan kepada para peserta yang belum berhasil, Bupati meminta agar jangan berkecil hati. Karena sesungguhnya usaha terbaik tidak akan sia-sia. Ke depan, masih banyak ajang yang dapat diikuti. "Semua Insya Allah sudah tercatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT," jelasnya.

Diketahui lomba MTQ ini menghadirkan peserta dari seluruh 26 kecamatan yang ada di Kebumen. Pesertanya terdiri dari anak-anak, remaja, dan dewasa baik itu laki-laki dan perempuan.

Untuk lomba MTQ tingkat anak-anak dari laki-laki juara 1 peserta dari Kecamatan Kebumen, juara 2 dari Alian dan juara  3 dari Mirit. Untuk perempuan juara 1 dari Puring, juara 2 Petanahan, dan juara 3 dari Buluspesantren.

Untuk lomba tingkat remaja laki-laki, juara 1 Kecamatan Pejagoan, juara 2 Mirit, dan juara 3 dari Kebumen. Untuk peserta Perempuan, juara 1 dari Pejagoan, Juara 2 dari Sruweng, juara 3 dari Alian.

Untuk juara tingkat dewasa peserta laki-laki, juara 1 dari Kecamatan Sempor, juara 2 Mirit, juara 3 dari Kebumen. Peserta perempuan, juara 1 dari Kebumen, juara 2 Poncowarno, dan juara 3 Alian.

Untuk juara lomba tahfidz 1 juz, dan tilawah dari peserta laki-laki juara 1 dari Kecamatan Pejagoan, juara 2 Petanahan, juara 3 Kebumen. Peserta Perempuan juara 1 dari Kecamatan Kebumen, juara 2 Sruweng, juara 3 Buluspesantren.

Selain mendapatkan piala dan penghargaan para peserta juga mendapat uang pembinaan. Dalam lomba tersebut juga ditentukan juara harapan.(*)