Berikut Peraih Nominator Legislative Awards Kebumen 2021


KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- DPRD Kebumen baru saja melangsungkan gelaran Legislative Award 2021. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan kinerja serta memberikan apresiasi kepada segenap elemen masyarakat yang telah berkontribusi untuk pembangunan Kebumen.

 

Penyerahan penghargaan diberikan bertepatan pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Kebumen ke 392. Kegiatan berlangsung di Ruang Paripurna DPRD Kebumen, Sabtu (21/8/2021).


Ketua DPRD Kebumen, H Sarimun menyampaikan pemilihan kategori pada gelaran itu disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekarang ini. Penghargaan diberikan kepada sejumlah pihak yang telah mencatat pencapaian dalam hal penanggulangan selama masa pandemi Covid-19.


"Ya berbeda dari tahun sebelumnya, konteks tahun ini disesuaikan era pandemi. Pilihan terbaik mana saja yang terlibat dan berperan aktif dalam penanggulangan Covid-19. Diharapkan sebagai pemantik semangat para nominator dan yang lain," kata dia.


Ada sejumlah nominator yang telah ditentukan, mulai tokoh atau relawan peduli Covid-19 hingga desa siaga Covid-19. Sementara untuk jajaran DPRD sendiri ditentukan lima nominator mulai legislator disiplin hingga legislator favorit.


Adapun metode penilaian setiap nominator dilakukan berdasar indikator penilaian masyarakat melalui metode polling atau menjaring suara masyarakat serta tracking produk berita sesuai masing-masing kategori.


Kepada peraih nominator diberikan reward kecuali kategori legislator berupa uang tunai masing-masing terbaik pertama sejumlah Rp 1 juta, kedua Rp 600 ribu dan ketiga Rp 400 ribu.


Berikut peraih Legislative Award 2021. Pertama, kategori tokoh atau relawan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Kebumen diraih oleh Muhsinun selaku Ketua LPBI NU, sementara yang masuk nominasi lain adalah dr Hasan Bayuni dan Suparman.


Sedangkan peraih kategori jurnalis peduli Covid-19 adalah Komper Wardopo, Supriyanto dan Lukman Hakim Rivangi. Ketiganya dianggap telah berkontribusi dalam membantu pemerintah dan masyarakat melalui sektor penyiaran informasi terkait penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Kebumen.


Berikutnya, kategori desa siaga Covid-19 diraih oleh Desa Ngasinan, Kecamatan Bonorowo. Kategori ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintahan desa, karena desa merupakan epicentrum pemerintah terkecil yang memiliki cukup potensi dalam melindungi masyarakat dari ancaman Covid-19. 


Selanjutnya, kategori tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19 diraih oleh Jen Alif Lathifah. Joko Mardiyono dan Mardiati Rahayu juga masuk dalam nominasi ini. Penentuan kategori ini diberikan untuk tenaga kesehatan karena dinilai menjadi bagian penting dalam penanggulangan dan penanganan pasien Covid-19. Mereka telah memberikan dedikasi dan loyalitas tinggi menjadi garda depan untuk menjalankan misi kemanusiaan di tengah pandemi.


Nominator selanjutnya organisasi kemasyarakatan yang berperan aktif menangani Covid-19 diraih oleh PMI Kebumen,  sementara nominasi terbaik kedua yakni Ubaloka dan terbaik ketiga Bagana.


Adapun unsur DPRD peraih legislator disiplin adalah Agus Supriyanto, Wahid Mulyadi dan Saman Halim Nurohman. Prosesi penilaian ini berdasarkan presensi dan data pendukung lain yang dihimpun dari Sekretariat DPRD Kebumen.


Berikutnya, nominator legislator aspiratif diraih oleh Adhitya Wishnu Bayu Aji, Suprijanto dan Hj Ermi Kristanti. Sementara legislator peduli Covid-19 adalah Suprijanto, Fitria Handini dan Noviandri Dwi Alhadi.


Legislator Friendly adalah Bagus Setiawan, H Sarimun, H Miftahul Ulum. Sedangkan legislator favorit diraih oleh Hj Ermi Kristanti dan Adhitya Wishnu Bayu Aji dan Suprijanto.


Pada kesempatan itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan kegiatan Legislative Award merupakan bentuk penghargaan atas karya nyata yang diberikan berbagai komponen untuk masyarakat Kebumen.


"Anggota DPRD telah melaksanakan fungsi dan kontrol dengan baik termasuk terlibat penanggulangan Covid-19. Bersama mengencangkan ikat pinggang untuk mensejahterakan dan menjaga keselamatan masyarakat," terangnya.


Menurutnya, pandemi ini memang menjadi keprihatinan bersama. Untuk itu, ia mengajak setiap lapisan masyarakat terus menerapkan kebiasaan sesuai anjuran pemerintah seperti protokol kesehatan serta menjalani vaksinasi. Dengan begitu diharapkan masa pandemi ini cepat berlalu sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa.


"Bahwa kita semua sedang perihatin. Kita berharap pandemi bisa segera pulih dan ekonomi bergerak. Tetap semangat dan bekarya untuk bangsa dan negara," jelasnya.(hfd)