Peringati Bulan Bung Karno, Ristawati Purwaningsih Minta Kader PDI Perjuangan Aktif Majukan Desa


KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Memasuki Bulan Bung Karno (BBK) yang diperingati setiap Juni, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen, Ristawati Purwaningsih meminta para kader untuk berperan aktif terhadap kemajuan desa di Kebumen.


Mengusung tema ‘Bhineka Tunggal Ika, Kerja Gotong Royong untuk Indonesia Maju dan Berdaulat’. Kader Banteng di Kebumen diharapkan mampu mengejawantahkan esensi tema tersebut pada momentum BBK.


“Kita mengajak temen-temen kader baik di PAC, Ranting dan sayap partai untuk turut andil mengambil peran membaca dan mengembangkan potensi desa, ketika desa maju Indonesia akan kuat dan berdaulat,” jelas Rista, Senin (1/6/2021) di DPC PDI Perjuangan Kebumen.


Rista mengatakan, peringatan BBK ini PDI Perjuangan dengan perangkat yang ada baik para kader, eksekutif dan legislatif serta struktural partai akan konsentrasi penuh selama satu bulan untuk berbaur dan menyatu dengan masyarakat yang ada di desa.


“Satu bulan full kita akan marathon dengan berbagai kegiatan yang tentunya bertujuan menyatukan diri dengan seluruh nafas kehidupan rakyat,” terangnya.


Sebagai partai 'wong cilik', lanjut Rista, ia mengajak kader PDI Perjuangan Kebumen tak memiliki sekat dengan rakyat. Selain itu, para kader partai besutan Megawati Soekarno Putri ini diminta untuk serius mendengar dan menjawab persoalan yang dihadapi rakyat.


“Rakyat harus menjadi tempat berlabuh, dampingi mereka dan dengar apa yang menjadi persoalan yang dihadapi sehari-hari. Semoga langkah ini bisa menjadi embrio pembangunan di Kebumen,” imbuhnya.


Lebih lanjut, menurut Rista hadirnya kader ditengah rakyat di desa akan mendorong perekembangan dan pemberdayaan untuk menuju peradaban desa. Selain itu, kader juga diharapkan peka terhadap persoalan budaya sebagai elemen membangun peradaban.


“Ini juga tidak terlepas implementasi ajaran Trisakti Bung Karno yaitu berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian dalam budaya. Dan sangat relevan seiring perkembangan zaman,” ucapnya.


Peringatan BBK diawali dengan pembacaan tahlil serta pemotongan tumpeng di DPC PDI Perjuangan Kebumen, Jalan HM Sarbini No 38 Kebumen. Hal itu juga sekaligus peringatan menjelang malam Hari Lahir Pancasila. Selanjutnya akan digelar pula upacara serentak serta beragam lomba dan kegiatan sosial. (hfd)