Aksi Sosial Komunitas Track dan JACK, Cross Country Bukber dan Berbagi Di Ponpes ODGJ



KARANGSAMBUNG,(seputarkebumen.com) Bulan suci Ramadan waktunya berbagi kepada sesama yang membutuhkan,seperti yang dilakukan Komunitas offroad Trail Adventure Community Kebumen (Track) bersama Jeep Adveture Community Kebumen (JACK) mengadakan kegiatan baksos Minggu (02/05/21)


Acara bertema Cross Country Bukber & Berbagi tersebut digelar di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin di Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung. Pondok pesantren yang diasuh oleh Kiai Fahrudin tersebut memiliki santri orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).



Selain membagikan sembako kepada warga, komunitas adventure tersebut juga membagikan memberikan bantuan untuk masjid di Dukuh Pujegan, Desa Wadasmalang, Kebumen.


Rombongan offroad Start dari rumah Ketua Track Rahmat Hidayat di Kelurahan Selang dan finish di rumah Mbah Fuad Pujegan. Acara buka puasa bersama diselenggarakan rumah Mbah Fuad yang merupakan sesepuh Track dan JACK.



Acara berlangsung dengan penuh keakraban antara anggota komunitas. Tampak bergabung sesepuh Track dan JACK Kebumen H Teuku Eri Rubiansah yang juga owner perusahaan bus PO Efesiensi dan owner Muncul Group Sugeng Budiawan,Santoso Budiawan,Mualim dan puluhan anggota komunitas.


Saat ini Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin memiliki 80 santri ODGJ dan banyak yang sudah sembuh dan bisa mengaji seperti layaknya orang normal. Untuk mengurus para santri, pengasuh tidak memungut dari keluarga santri atau bantuan dari pemerintah. Adapun biaya dari keluarga kiai dan para dermawan yang menjadi donatur untuk operasional pesantren. (Ndo/sk)